IVANDI AKMAL. KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMK NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Kompetensi manajerial kepala sekolah adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, keahlian dan kemampuan untuk mengatur dan mengelola sumber daya melalui aktifitas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengoordinasian, pengendalian, pemotivasian dalam usaha mencapai tujuan pendidikan di sekolah yang telah ditetapkan. tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di smk negeri 1 aceh barat daya. penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala jurusan dan guru. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program peningkatan motivasi kerja guru ditetapkan oleh kepala sekolah melalui mekanisme rapat kerja, musyawarah guru dan personil sekolah. program yang disusun untuk jangka pendek,

Baca Juga : HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BABAHROT ACEH BARAT DAYA (AFDHAL JIHAD, 2017) ,

Baca Juga : KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA (MURDANI, 2014) ,

engah dan jangka panjang. adapun jenis program, diantaranya; program pemberdayaan guru seperti; penataran, workshop dan pelatihan tentang prosedur pengelolaan sarana dan prasarana serta sosialisasi pengembangan kurikulum pendidikan; (2) pelaksanaan program peningkatan motivasi kerja guru dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan skala prioritas, berdasarkan pembagian tugas yang sesuai dengan tupoksi kerja, pedoman/teknis kerja, tim work dan setiap hari pihak-pihak yang sudah dilibatkan dalam bidangnya masing-masing melakukan kegiatan dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan; (3) pengawasan dan evaluasi program peningkatan motivasi kerja guru secara tidak langsung dilakukan oleh kepala sekolah, melainkan melalui pengoordinasian dengan wakil kepala sekolah dan komponen sekolah lainnya; dan (4) hambatan yang dialami kepala sekolah dalam program peningkatan motivasi kerja guru adalah; pelaksanaan program terkadang meleset dari yang direncanakan, komunikasi dan interaksi guru dengan kepala sekolah tidak transparan, dan pencairan dana tidak sesuai dengan jadwal pelaksanaan program. kata kunci : kompetensi manajerial, motivasi kerja, dan

Tulisan yang relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA (HUSNA, 2016) ,

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Fitriliana, 2017) ,

KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI I KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (AFRIADI, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi