Dina Rizkina. KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENJADI PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LAMPASEH KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak rizkina, dina. 2017. kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. adnan, m.pd (2) drs. m. yamin, m.ed kata kunci: menyusun kalimat, paragraf penelitian ini berjudul “kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh. penelitian ini berupaya mengukur tingkat kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh. secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. pengumpulan data dilakukan melalui tes menyusun urutan kalimat acak menjadi sebuah paragraf. tes yang diberikan berupa kalimat-kalimat acak yang berjumlah 10 soal, yang setiap soalnya

Baca Juga : KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT ACAK MENJADI PARAGRAF YANG PADU PADA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG RNACEH BESAR (Desi Fera Mutia Sari, 2014) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACCEH MENEMUKAN KALIMAT TOPIK DALAM PARAGRAF (Maria Ulfa, 2013) ,

kan 4-5 kalimat yang akan diurutkan menjadi sebuah paragraf. adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh yang berjumlah 20 siswa. data diolah dengan menggunakan rumus persentase. rumus tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas v dalam menyusun kalimat menjadi paragraf. berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyusun kalimat menjadi paragraf berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa dalam menyusun kalimat menjadi paragraf adalah 69.5. maka dari data yang diolah, terdapat 5 siswa yang mendapatkan skor pada kategori baik sekali dengan nilai (80-100) dengan persentase 25%. adapun siswa yang memperoleh skor pada katerogi baik dengan nilai (66-79) sebanyak 6 siswa dengan persentase 30%, siswa yang mendapatkan skor pada kategori cukup dengan nilai (56-65) sebanyak 6 siswa dengan persentase 30%, dan siswa yang mendapatkan skor kategori kurang dengan nilai (40-55) sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas v sd negeri 2 lampaseh mempunyai kemampuan untuk menyusun kalimat menjadi paragraf sesuai dengan yang

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (Siti Dahlia Sari, 2014) ,

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI 1 LAMCOT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Novi Fadhila Anum, 2018) ,

KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT LANGSUNG MENJADI KALIMAT TIDAK LANGSUNG DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LAMPEUNEURUT (Maya Lestari, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi