Cut Irmasita. MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DITINJAU DARI INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2016). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak irmasita,cut.2018.motivasi belajar mahasiswa bidikmisi ditinjau dari indeks prestasi kumulatif(suatu studi pada mahasiswa fkip universitas syiah kuala angkatan 2016).skripsi. jurusan bimbingan dan konseling, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. (1) dra.dahliana abd,m.pd,kons., (2) drs. martunis, m. si kata kunci :motivasi belajar, mahasiswa bidikmisi, indeks prestasi kumulatif. penelitian ini mengenai motivasi belajar mahasiswa bidikmisi ditinjau dari indeks prestasi kumulatif (suatu studi pada mahasiswa fkip universitas syiah kuala angkatan 2016).motivasi belajar dalam perkuliahan dapat menentukan prestasi yang dicapai. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa bidikmisi dan motivasi belajar mahasiswa bidikmisi di tinjau dari indeks prestasi kumulatif (ipk).teknik pengumpulan data adalah angket. teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam bentuk deskriptif kuantitatif dengan

Baca Juga : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENDAPATKAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Karistianti, 2013) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI DENGAN NON BIDIKMISI SUATU STUDI PADA MAHASISWA FKIP EKONOMI UNSYIAH (Safwan, 2019) ,

ggunakan anova dan tukey hsd. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran motivasi belajar mahasiswa bidikmisi fkip unsyiah sebagian besarnya(53,13%) berada pada kategori sedang, artinya mahasiswa memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, dapat mempertahankan pendapatnya, senang mencari dan memecahkan soal-soal, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif dan sebagiannya berada pada kategori tinggi(50,63%) artinya mahasiswa juga memiliki ciri-ciri motivasi yang ditandai dengan tekun dalam mengerjakan tugas, adanya hasrat dan keinginan terhadap apa yang dilakukan, adanya minat dan dorongan yang tinggi terhadap belajar. data menunjukkan bahwa mahasiswa bidikmisi dengan ipk di atas 3,00 memiliki rata-rata skor motivasi lebih rendah daripada mahasiswa bidikmisi dengan ipk di bawah 3,00, walaupun perbedaaan motivasi yang signifikan hanya diperoleh antara kelompok ipk 2,50-2,99 dan

Tulisan yang relevan

MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISIRNPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKARNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Surasta Sari Dewi, 2014) ,

MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGARUH TERHADAP IPK MAHASISWA BIDIKMISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SRI RASYIIDU TEBE, 2015) ,

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Ulul Azmi, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi