CUT ARDHILLA PUTRI. KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING. Banda Aceh : Fakultas Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak cut ardhilla putri (2018). kemampuan berpikir kreatif dan kecemasan matematis siswa smp melalui model pembelajaran brain based learning. kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah dan kurang mendapatkan perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. selain itu, kecemasan matematis juga mempengaruhi keberhasilan belajar matematika, namun saat ini tingkat kecemasan matematis pada diri siswa masih tinggi. hal ini memerlukan suatu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan mengatasi kecemasan matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran brain based learning. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran brain based learning. selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematis siswa melalui model pembelajaran brain based learning. penelitian ini merupakan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018) ,

nelitian kualitatif yang melibatkan 30 siswa kelas viii-1 di smp negeri 19 percontohan banda aceh. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif, angket kecemasan matematis dan pedoman wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain based learning mengalami perkembangan. kemampuan berpikir kreatif siswa untuk indikator kelancaran dan keluwesan mengalami perkembangan yang baik pada tiap-tiap pertemuan. pada indikator keaslian dan elaborasi mengalami kemunduran pada pertemuan kedua dan kembali mengalami perkembangan yang baik untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya. hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kecemasan matematis yang dialami siswa selama pembelajaran melalui model brain based learning berbeda-beda, ada siswa yang mengalami kecemasan matematis pada kriteria tingkat kecemasan ringan, dimana kecemasan pada tingkat ini yang diperlukan dalam pembelajaran matematika, sedangkan sebagian kecil siswa yang lain masih mengalami kecemasan pada kriteria tingkat sedang selama pembelajaran matematika melalui model brain based learning. kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, kecemasan matematis, brain based

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (MUHAMMAD IQBAL, 2018) ,

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018) ,

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi