Indah Purnama. KENDALA GURU MEMOTIVASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 46 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak purnama, indah. 2017. kendala guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di sd negeri 46 banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. nurhaidah, m.pd., (2) mislinawati, s.pdi., m.pd kata kunci : kendala, memotivasi, proses pembelajaran penelitian ini berjudul “kendala guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di sd negeri 46 banda aceh”. adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa belajar di sd negeri 46 banda aceh? dan (2) apa sajakah kendala guru dalam memotivasi siswa pada proses pembelajaran di sd negeri 46 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dan kendala guru memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di sd negeri 46 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.

Baca Juga : KENDALA – KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PRAKTIKAN PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD FKIP UNSYIAH DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Mila Fizarniati, 2017) ,

Baca Juga : HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015) ,

ubjek dalam penelitian ini guru kelas berjumlah 6 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara kegiatan guru dalam proses pembelajaran di kelas. sedangkan pengolahan data menggunakan skala guttman dengan menggunakan 3 tahap analisis data kualitatif, yaitu, data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan adanya upaya guru dalam melakukan motivasi pada siswa seperti, melakukan komunikasi yang baik antar siswa dan orangtua, memberi penguatan verbal dan nonverbal secara jelas, menjalin hubungan emosional yang dalam pada siswa. kendala yang dialami oleh guru diantaranya, pertama, kendala verbalistik yaitu kurangnya pemahaman dari siswa. kedua, kendala antarindividu yaitu tidak semua siswa aktif. ketiga, hambatan lingkungan yaitu kurangnya kerjasama antar orangtua dan guru. disarankan kepada guru untuk membangun hubungan yang baik dengan siswa dan

Tulisan yang relevan

PELAKSANAAN PEMBELAJARANSENI TARI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM (Nurmalis, 2017) ,

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS 5 DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR (yusniar, 2013) ,

KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (sugiatno, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi