Decy Dhayanti. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOMETRIíS SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMP. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Proses pembelajaran yang diharapkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang bermakna, aktif, interaktif, dan kontekstual. salah satu pendekatan yang selaras dengan harapan tersebut adalah pendekatan matematika realistik (pmr), dimana pendekatan matematika realistik akan dapat menumbuhkan karakter-karakter seperti kemandirian, demokrasi, toleransi, tanggung jawab, berpikir kritis, kreatif dan kejujuran. penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik berbantuan geometriís sketchpad untuk meningkatkan karakter siswa di smp yang memenuhi kriteri valid, praktis dan efektif. pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan dari plomp yang diadaptasi menjadi tiga tahap yaitu: (1) fase investigasi awal; (2) fase prototype; (3) fase penilaian. perangkat pembelajara yang dikembangkan berupa rpp, lembar aktivitas siswa (las), dan modul pembelajaran. metode pengumpulan data dilakukan melalui lembar

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017) ,

idasi, tes, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, penilaian karakter kritis dan kreatif, serta angket respon guru dan siswa. hasil validasi perangkat rpp, las dan tes hasil belajar diperoleh bahwa perangkat tersebut dinyatakan valid/layak digunakan dengan sedikit revisi sesuai saran validator. ujicoba keterlaksanaan pembelajaran di kelas dan peningkatan karakter kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran tergolong baik. berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria valid, praktis dan efektif. sehingga perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dapat digunakan dan dijadikan pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lainnya sesuai dengan karakteristik materi

Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN SEGITIGA DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOMETERíS SKETCHPAD DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2018) ,

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKARNDENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI (Murdani, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi