Riyanti Herlita. DOMAIN SOAL SETARA PISA BUATAN GURU PADA MGMP MATEMATIKA WILAYAH TUNGKOP ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Pisa (programme for international student assesment) merupakan salah satu tantangan eksternal yang harus dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013. capaian siswa indonesia pada kompetisi pisa sampai saat ini masih perlu ditingkatkan. guru perlu membiasakan siswa menyelesaikan soal-soal setara pisa. oleh karena itu, guru perlu mengembangkan soal setara pisa yang memuat domain pisa berupa konten, konteks dan proses dalam soal pisa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui domain soal setara pisa buatan guru mgmp (musyawarah guru mata pelajaran) matematika wilayah tungkop aceh besar.pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. pengumpulan data diperoleh dari dokumen pelatihan pendampingan pembuatan soal setara pisa yang dilaksanakan oleh p4mri (pusat penelitian dan pengembangan pendidikan matematika realistik indonesia) unsyiah.subjek penelitian ini terdiri dari 14 guru yang mengikuti pelatihan pembuatan soal setara pisa dari berbagai sekolah di

Baca Juga : PENGEMBANGAN SOAL SETARA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (T. MARWANDA, 2017) ,

Baca Juga : KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA DI KELAS IX MTSN MODEL BANDA ACEH. (Muhammad Hidayat, 2017) ,

wilayah tungkop aceh besar. instrumen dalam penelitian ini berupa daftar cek kesesuaian domain soal setara pisa buatan guru dengan domain soal pisa. teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian diperoleh bahwa dari 10 soal setara pisa buatan guru tersebut memuat tiga konten dari empat konten domain pisa, yaitu kuantitas, perubahan dan hubungan, ruang dan bentuk. sedangkan konten ketidakpastian dan data tidak memenuhi. selain itu, terdapat tiga konteks dariempat konteksdomain pisa, yaitu pribadi, sosial, dan pekerjaan. adapun konteks keilmuan tidak terdapat pada soal setara pisa buatan guru. selanjutnya, soal yang dikembangkan memenuhi keseluruhan tiga proses domain pisa yaitu merumuskan, menerapkan dan menginterpretasikan. hal ini mengindikasi bahwa domain pisa belum merata dalam 10 butir soal setara pisa buatan guru mgmp matematika wilayah tungkop aceh besar. implikasi kajian ini yaitu perlunya pelatihan guru dalam mengembangkan soal setara pisa agar dilakukan secara kontinu untuk meningkatkan kompetensi

Tulisan yang relevan

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA YANG BERBENTUK PROBLEM SOLVING PADA KELAS VIII SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILLINGUAL SCHOOL BANDA ACEH ZAINABAR (Zainabar, 2014) ,

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (YUSRINA, 2016) ,

PENGEMBANGAN SOAL MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) PADA MATERI QUANTITY UNTUK SISWA SMP (Mentari Rahmawati, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi