Syarifah Riska. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak riska, syarifah. 2017. perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here dengan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi di sma negeri 3 banda aceh. skripsi. jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) drs. abdul wahab abdi, m.si (2) m. okta ridha maulidian, s.pd, m.pd kata kunci:perbandingan,hasil belajar,everyone is a teacher here,tutor sebaya,geografi penelitian ini berkaitan dengan membandingkan hasil belajar siswa dari penerapan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran everyone is a teacher here dan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi di sma negeri 3 banda aceh. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

Baca Juga : EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014) ,

pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi kelas xi sma negeri 3 banda aceh. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi kelas xi sma negeri 3 banda aceh. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sma negeri 3 banda aceh yang berjumlah 296 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, diambil hanya dua kelas yaitu kelas xi is 1 sebanyak 22 siswa dan kelas xi is 2 sebanyak 20 siswa. teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 5,58 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 40, artinya sesuai dengan kriteria thitung>ttabel atau 5,58 > 1,68 sehingga ha diterima. simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa mata pelajaran geografi yang diajarkan dengan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas xi sma negeri 3 banda

Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA DASAR WANITA DEWASA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (Triana Adhita Ramadhana, 2018) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE TEACHIG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH (Elviyana, 2019) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi