Karsa Ciptaning. FAKTOR KEAMANAN TERHADAP STABILITAS LERENG DAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TIPE COUNTERFORT (STUDI KASUS RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN STA 13+850-STA 13+895). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2018

Abstrak

Abstrak ruas jalan babahrot–blangkejeren adalah salah satu ruas jalan provinsi aceh yang sering mengalami kelongsoran, karena lokasinya berada di daerah perbukitan. ruas jalan tersebut digunakan untuk memasarkan hasil pertanian dan akses utama sebagian pelajar. dampak dari longsor mengakibatkan terputusnya akses masyarakat gayo lues ke aceh barat daya maupun sebaliknya. oleh karena itu, perlu dilakukan kajian perkuatan lereng di bagian bawah kontruksi jalan dengan dinding penahan tanah tipe counterfort. kajian ini bertujuan untuk menganalisa stabilitas lereng dengan mendapatkan angka faktor keamanan (fk). analisa yang digunakan untuk mencari faktor keamanan (fk) adalah dengan menggunakan metode fellenius dan program geoslope. perhitungan metode fellenius tanpa menggunakan beban gempa statis. sedangkan perhitungan program geoslope tanpa dan dengan menggunakan beban gempa statis. analisis statis dilakukan dengan mengacu pada peta zona gempa indonesia (2004) untuk periode 50 tahun

Baca Juga : FAKTOR KEAMANAN TERHADAP STABILITAS LERENG DAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TIPE COUNTERFORT (STUDI KASUS RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN STA 13+850-STA 13+895) (Karsa Ciptaning, 2018) ,

Baca Juga : STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN UNDERPASS SIMPANG BEURAWE (Fazilatul Husna, 2017) ,

sien 0,229). ruang lingkup tinjauan ini meliputi perhitungan kestabilan lereng pada sta 13+850, sta 13+875, sta 13+885 dan sta 13+895. hasil analisa stabilitas lereng pada kondisi existing menggunakan ?dry dan ?wet dengan cara manual (metode fellenius) dan software (program geoslope) baik tanpa dan dengan menggunakan beban gempa statis pada semua titik tinjauan adalah tidak aman. dimana bidang kelongsoran terjadi di bagian atas kontruksi jalan kecuali sta 13+885 bidang kelongsoran terjadi bagian kontruksi jalan. khusus sta 13+885 dilakukan penanganan kelongsoran menggunakan dinding penahan tanah tipe counterfort. hasil analisa stabilitas lereng menggunakan counterfort memiliki faktor keamanan > 1,5, jika dilakukan penanganan tambahan dengan mengubah sudut kemiringan lereng < 20?. kata kunci : kelongsoran, lereng, bangunan dinding penahan tanah tipe counterfort, faktor keamanan (fk) abstract the road from babahrot to blangkejeren is one of the most frequent affected by landslide due to its location in the range of hills in aceh province. it is the main access for crop trading as well as for most students. the impact of landslide causes breakdown access from gayolues to south west aceh or vice versa. therefore, it is necessary to study the slope reinforcement at the bottom of the road construction with retaining wall counterfort type. the aim of this research is to analyze slope stability by obtaining safety factor (sf). in the study, the writer applied fellenius method and geoslope program. the fellenius calculation employed static seismic load, meanwhile the geoslope program utilized either with or without static seismic load. the static analysis was carried out based on indonesian seismic zone map (2004) for 50 years (coefisient 0.229). the scope of the research includes slope stability calculation at sta 13+850, sta 13+875, sta 13+885 and sta 13+895. the result of slope stability analysis at existing condition using ?dry and ?wet both manually (fellenius method) and software usage (geoslope program) either with or without static seismic load at all point of study was not safe. where the field of sliding occurs at the top of road construction except sta 13+885 field sliding occurs part of road construction. special sta 13+885 is done by handling cladding using counterfort type of retaining wall. the result of slope stability analysis using counterfort has safety factor > 1.5, if additional handling is done by changing slope angle> 20?. key word :landslid, slope, retaining wall counterfort, safety fector

Tulisan yang relevan

KAJIAN STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEULABOH MENGGUNAKAN PROGRAM GEO 5 DAN PENANGGULANGANNYA (Fadhliansyah, 2016) ,

ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA (Cut Tia Farhadina, 2017) ,

ANALISIS STABILITAS LERENG TERHADAP TINGGI TIMBUNAN YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN BADAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BANDA ACEH – MEDAN STA. 83+135 GUNUNG SEULAWAH) (Wihardi, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi