Nurul Hijjah. IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN PEUKAN BADA ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak hijjah, nurul. 2017. identifikasi kecenderungan gaya belajar siswa kelas v di min peukan bada aceh besar. skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar, ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. hajidin, m.pd., (2) drs. mahmud hr, m.si. kata kunci: identifikasi, kecenderungan, gaya belajar siswa kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran berbeda, ada yang cepat, sedang dan ada pula yang sangat lambat. setiap siswa berbeda gaya belajar. cara termudah dan tercepat seseorang dalam belajar dikenal sebagai gaya belajar. dengan demikian penelitian ini berjudul “identifikasi kecenderungan gaya belajar siswa kelas v di min peukan bada aceh besar”. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kecenderungan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas v di min peukan bada aceh besar. secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar yang dimiliki

Baca Juga : “PERBANDINGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DENGAN MEDIA ANIMASI CAMTASIA SIMULATION FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMAN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR” (mira elviani, 2016) ,

Baca Juga : PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015) ,

siswa kelas v di min peukan bada aceh besar. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar siswa serta wawancara terhadap siswa yang mendapatkan nilai angket sama antara gaya belajar. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas v min peukan bada aceh besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 38 laki-laki dan 39 perempuan. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara menghitung skor yang diperoleh siswa, dan menyusun data yang diperoleh tersebut dengan mentabulasikan ke dalam daftar tabel. penentuan jenis gaya belajar dominan siswa didasarkan pada skor tertinggi dari ketiga aspek gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa dari 77 siswa sebanyak 52 siswa atau 67,53% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar visual, sedangkan 14 siswa atau 18,18% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar auditorial dan 11 siswa atau 14,29% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar kinestetik. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap siswa kelas v min peukan bada aceh besar tahun ajaran 2016/2017 memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar visual, auditorial atau

Tulisan yang relevan

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI MIN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nadia Ananda, 2017) ,

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS VIII SMPN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2014/2015 (MUTHMAINNAH, 2015) ,

PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SISWA SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurmala, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi