Search :
Advance

Wahyu Ikramullah.PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ELAK IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA TAHUN 2017. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Perencanaan tebal lapisan perkerasan jalan lentur di Indonesia menggunakan Metode Bina Marga. Perencanaan tebal perkerasan bergantung antara lain pada kemampuan daya dukung tanah dasar, material perkerasan, beban lalu lintas. beban lalu lintas erat berkaitan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR). Dalam perencanaan tebal perkerasan lentur Jalan Elak Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, konsultan perencanaan CV. Zarindo Sructure menggunakan Metode Manual Perkerasan 2013 dengan nomor 02/M/BM/2013. Pada perencanaan ini dilakukan perhitungan tebal perkerasan lentur Jalan Elak Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur menggunakan Metode Manual Perkerasan 2017 Nomor 04/SE/Db/2017 . Hasil perencanaan konsultan CV. Zarindo Sructure, daya dukung tanah dasar (CBR) = 1,10% dengan menggunakan CBR minimum 2,5 % dan kategori perbaikan tanah berupa lapisan Geogrid, dan urugan pilihan, lapisan AC-WC dengan tebal 40 mm, lapisan AC-BC dengan tebal 60 mm, lapisan AC-Base dengan tebal 75 mm, lapisan fondasi kelas A dengan tebal 150 mm, lapisan fondasi kelas B dengan tebal pecah 200 mm, urugan pilihan 500 mm. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, daya dukung tanah dasar (CBR) =1,35 %, meggunakan CBR minimum 2,5% dan kategori perbaikan tanah berupa lapisan Geogrid,urugan pilihan, lapisan AC-WC dengan tebal 40 mm, lapisan AC-BC dengan tebal 60 mm, lapisan AC-Base dengan tebal 210 mm, lapisan fondasi kelas A dengan tebal 300 mm, urugan pilihan 250 mm. Pada perencanaan ini terdapat perbedaan pada lapisan AC-Base, lapisan fondasi atas, Hal ini disebabkan pada Faktor pertumbuhan lalu lintas (i) dan hasil hitungan kumulatif beban sumbu standar ekivalen selama umur rencana. Kata kunci : Perencanaan perkerasan lentur, Metode Bina Marga 2017.


Tulisan yang relevan

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA) (Amirullah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

STUDI PENENTUAN PENANGANAN PPERBAIKAN JALAN MAKAN TEUKU NYAK ARIEF KABUPATEN ACEH BESAR (Ayu Santi, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PERBEDAAN KOMPOSISI AGREGAT YANG BERASAL DARI DUA QUARRY TERHADAP STABILITAS DAN DURABILITAS PADA LASTON AC-WC (ida sajida, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya