Search :
Advance

Nuratul Iqramah.TINJAUAN DAMPAK HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (STUDI KASUS : DEPAN RUMAH SAKIT UMUM HARAPAN BUNDA). Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Rumah Sakit Umum Harapan Bunda Seutui, merupakan salah satu rumah sakit yang ramai dikunjungi masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya untuk melakukan aktivitas pelayanan kesehatan. Dampak yang ditimbulkan dari aktivitas rumah sakit meliputi kendaraan parkir baik itu pasien, pengunjung dan para medis juga pegawai Rumah Sakit yang parkir di pinggir jalan menyebabkan kinerja jalan menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping tehadap kinerja jalan depan Rumah Sakit Umum Harapan Bunda Jalan Teuku Umar Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengambilan data dilakukan selama tiga (3) hari yaitu dua (2) hari kerja (Selasa,Kamis) dan satu (1) hari libur (Minggu). Waktu pengamatan dimulai pagi pukul 07:00 09:00 WIB, siang pukul 12:00 14:00 WIB, dan sore pukul 16:00 18:00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Dari hasil penelitian ini didapat nilai volume lalu lintas pada kondisi eksisting Hari Selasa tanggal 02 Mei 2017 volume lalu lintas sebesar 1622 smp/jam, hambatan samping 362,9 kej/jam dengan kelas hambatan samping sedang, kecepatan tempuh 21,59 km/jam, kecepatan arus bebas 56,43 km/jam, kapasitas sebesar 2975 smp/jam, derajat kejenuhan 0,55. Hari Kamis tanggal 04 Mei 2017 untuk volume lalu lintas sebesar 1759 smp/jam, hambatan samping 504,5 kej/jam dengan kelas hambatan samping tinggi, kecepatan tempuh 20,51 km/jam, kecepatan arus bebas sebesar 55,29 km/jam, kapasitas sebesar 2884 smp/jam, derajat kejenuhan 0,61. Hari Minggu 11 Mei 2017 untuk volume lalu lintas sebesar 1575 smp/jam, hambatan samping sebesar 255,2 kej/jam dengan kelas hambatan samping sedang, kecepatan tempuh 23,27 km/jam, kecepatan arus bebas 45,6 km/jam, kapasitas sebesar 3036 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,52. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa intensitas hambatan sampingnya tinggi. Namun derajat kejenuhannya masih memenuhi syarat MKJI yaitu < 0,75 dan RVK 0,85. Selain itu, semakin tinggi aktivitas hambatan samping , maka derajat kejenuhan juga lebih besar dari yang telah disyaratkan oleh MKJI, dan berpengaruh terhadap tingkat kinerja arus lalu lintas. Kata kunci : Kinerja Jalan, Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan (DS)


Tulisan yang relevan

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS PEMBANGUNAN MALL SUZUYA DI JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH) (MUHAJIR, S.T, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GREENBERG (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH) (Sitty Fatimah Agmalisa, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

EVALUASI TARIKAN PERGERAKAN KE SUZUYA MALL DAN KINERJA LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (Ratih Citra Dewy Syahrir, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU ABU LAM U (DEPAN PERKANTORAN BALAI KOTA BANDA ACEH) (Arifka Maulana, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya