Ahmad Farisi. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BEASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 1 KAWAY XVI. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak farisi, ahmad. 2017. pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor di smp negeri 1 kaway xvi. skripsi, jurusan pendidikan fisika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. abdul hamid, m. si., (2) melvina, s. pd., m. ed. kata kunci: problem based learning, pembelajaran, kemampuan berpikir kritis dalam kurikulum 2013 pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan scientific, dalam pendekatan ini siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dalam mengikuti proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep suhu dan kalor di smp negeri 1 kaway xvi. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016) ,

osive sampling, sampel yang dipilih adalah kelas vii-1 (22 orang siswa) sebagai kelas eksperimen, dengan model pembelajaran yang digunakan model pbl dan kelas vii-2 (20 orang siswa) sebagai kelas kontrol, dengan model pembelajaraan yang digunakan model pembelajaran langsung. data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test yang disusun berlandaskan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) memberikan penjelasan sederhana; (2) menyimpulkan, dan; (3) memberikan penjelasan lebih lanjut. kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. uji hipotesis yang digunakan uji 1 pihak yaitu pihak kanan, dengan kriteria terima ha jika thitung > ttabel dan ha ditolak jika thitung ? ttabel. hasil uji hipotesis didapatkan thitung = 6,71 dan ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan thitung > ttabel, dengan kata lain ha diterima. simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep suhu dan kalor di smp negeri 1 kaway xvi. berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis menyarankan untuk menggunakan model pembelajaran pbl dalam mengajar pelajaran

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SIMPANG TIGA PIDIE (Anarita, 2018) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (WIRDATUL WAHIDA, 2018) ,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi