RAHMATUN NESSA. MENINGKATKAN PEMAHAMAN KETERAMPILAN PERLINDUNGAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak nessa, rahmatun. 2017. meningkatkan pemahaman keterampilan perlindungan diri anak usia dini melalui media audio visual di tk it al-azhar banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. anizar ahmad, m.pd (2) drs. m. yusuf harun, m.pd kata kunci : pemahaman perlindungan diri, media audio visual keterampilan perlindungan diri merupakan seperangkat keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak agar dapat menjaga keselamatan dirinya dan terhindar dari tindakan kekerasan seksual. masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan pemahaman dan keterampilan perlindungan diri anak usia dini melalui media audio visual di tk it al-azhar banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan perlindungan diri anak usia dini di tk it al-azhar banda aceh melalui media audio visual. penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan rancangan

Baca Juga : THE USE OF AUDIO VISUAL MEDIA IN TEACHING SPEAKINGRN(A PRE-EXPERIMENTAL STUDY AT SMP BUSTANUL ARIFIN BENER MERIAH) (Feri Kurniawan, 2015) ,

Baca Juga : PERBEDAAN KEMAMPUAN MENGARANG CERPEN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL ACEH (JULIYANTI, 2015) ,

penelitian tindakan kelas. subjek dalam penelitian adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun kelompok b, kelas b1 berjumlah 15 orang. pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan unjuk kerja. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus kriteria belum berkembang sebanyak 12 anak (80%) dan mulai berkembang sebanyak 3 anak (20%). pada tindakan siklus i kriteria belum berkembang sebanyak 1 anak (6,666%); kriteria mulai berkembang sebanyak 10 anak (66,666%) dan berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak (26,666%). hasil siklus ii terjadi peningkatan yaitu kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 5 anak (33,333%); dan berkembang sangat baik sebanyak 10 anak (66,666%). pada tindakan siklus ii menunjukkan bahwa persentase anak yang mendapat bintang 3 dan 4 mencapai 75%. jadi rata-rata peningkatan siklus i ke siklus ii sebanyak 36,66%. disimpulkan bahwa melalui media audio visual dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan perlindungan diri anak usia dini. sebaiknya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perlindungan diri dapat dilakukan melalui berbagai media, baik media audio visual maupun media lainnya.

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI KELAS X MAN DARUSSALAM, ACEH BESAR (Slamet Khalid Huda Pase, 2016) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH. (Januar, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi