Search :
Advance

SITI ASNAH.KENDALA YANG DIHADAPI ORANGTUA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI GAMPONG MUARA BATU-BATU KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Siti Asnah, 2017. Kendala yang Dihadapi Orangtua dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Dini di Gampong Muara Batu-Batu Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd 2) Drs. M. Yusuf Harun, M.Pd ABSTRAK Kata Kunci: Kendala, Kebutuhan Pendidikan Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak dan tempat menjalin komunikasi yang baik agar terbentuk keharmonisan cinta dan kasih sayang seutuhnya. Untuk menjalin komunikasi yang baik, maka seseorang harus mendapatkan pendidikan yang baik pula karena dengan pendidikan anak bisa mengenal berbagai aspek kecerdasasan seperti kognitif, motorik, sosial emosional, moral spritual, dan seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi orangtua (Ibu) dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia dini dan solusi yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Gampong Muara Batu-Batu Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima keluarga yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan beberapa ibu rumah tangga banyak mendapatkan kendala dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak berkenaan dengan faktor ekonomi seperti biyaya pendidikan, seragam sekolah, peralatan sekolah yang mengharuskan ibu bekerja untuk membantu penghasilan suami dan kurangnya waktu bersama anak, tidak memiliki transportasi, jarak antara rumah dengan sekolah berjauhan sehingga ibu tidak dapat mengantar dan menjemput anak ke sekolah serta memperhatikan kebutuhan anak seperti kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan keberadaan, dan penghargaan. Solusi yang dilakukan orangtua yaitu bertangung jawab dan melibatkan diri dalam memenuhi kebutuhan anak baik itu kebutuhan di dalam keluarga maupun kebutuhan pendidikan anak usia dini, serta meluangkan waktu untuk bisa mengantar dan menjemput anak-anak ke sekolah dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak, dan melindungi diri anak.


Tulisan yang relevan

PEREMPUAN PENCARI BATU HIAS DI GAMPONG ALUE TRINGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL ACEH BARAT DAYA (Eka Rulisa, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MINAT SISWA SD NEGERI KUALA KEUPENG KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM TERHADAP MATA PELAJARAN PENJASORKES (Dewi Astuty, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA (SUATU PENELITIAN DI TK BUNGONG SELEUPOEK UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM) (syamsiah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KEMAMPUAN LARI SPRINT SISWA SD NEGERI OKASRNKECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM (ALIMAN EFENDI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Syukurni, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya