Search :
Advance

KHAIRI WAHYUNA.KONSEP DIRI DAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA SISWA SYZYGY DI BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Wahyuna, Khairi, 2017. Konsep Diri dan Orientasi siswa Syzygy Di Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Nurhasanah, M.Pd., (2) Drs. Abu Bakar, M.Si Kata Kunci: Konsep Diri, Orientasi Masa Depan, Siswa Syzygy Masalah orientasi seksual pada remaja sering kali mencemaskan para orang tua, pendidik, pemerintah dan sebagainya. Bagaimana membentuk konsep diri yang positif sehingga memiliki gambaran masa depan yang baik sesuai dengan gendernya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri dan orientasi masa depan siswa syzygy di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang tergolong syzygy (anima/animus) sebanyak 5 orang kategori siswa SMA. Sedangkan objek penelitiannya adalah konsep diri dan orientasi masa depan nya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Konsep diri siswa syzygy dilihat dari cara pandang terhadap dirininya secara fisik, maupun non fisik, serta orientasi masa depannya dilihat dari bagaimana keinginannya membentuk kehidupan dimasa depan. Konsep diri yang positif terlihat dari siswa yang memiliki rancangan kehidupan yang baik. Memiliki perencanaan yang terstruktur, sedangkan konsep diri yang buruk terlihat jelas pada siswa yang memiliki sikap ketidakpedulian terhadap dirinya sendiri, tidak mengetahui arah tujuan mereka dalam hidup. Positif dan negatifnya konsep diri yang mereka miliki, mempengaruhi rancangan masa depan mereka. Siswa yang konsep dirinya baik, mereka memiliki cita-cita yang baik, yang ditinggi, memiliki keinginan untuk mencapai mimpi mereka, sedangkan siswa yang konsep dirinya tidak begitu baik, mereka memiliki orientasi masa depan yang bahkan tidak dapat diterima oleh akal. Siswa Syzygy sekilas terlihat seperti LGBT bahkan ada orientasi seksual yang sudah tergolong melenceng. Oleh karena itu, sehubungan dengan layanan bimbingan dan konseling , kepada guru bk diharapkan untuk memberikan bimbingan secara luas dan mendalam mengenai materi konsep diri, orientasi sexual dan orientasi masa depan khusus bagi siswa yang terlihat syzygy (anima/animus), agar orientasi seksual yang ada pada mereka tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan, dan yang tidak sesuai dengan norma kehidupan.


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTENSI MENCONTEK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 16 BANDA ACEH (NURUL FADHILAH, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN OPTIMISME MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN (wenny aidina, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA SMAN 5 DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (NUR AZIZAH, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Wahyu Fastika, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU RELIGIUSITAS SISWA MAN RUKOH BANDA ACEH (Tuti Maisalfa, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya