Search :
Advance

Ana Zia Nursani.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

v ABSTRAK Zia Nursani, Ana. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Thamrin K, M.Si (2) H. Daska Aziz, S.Pd, MA Kata Kunci : penerapan, pembelajaran, timbal balik, keaktifan. Model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada siswa untuk belajar mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajar mandiri dengan melibatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan keaktifan siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) pengamatan keaktifan siswa; (2) pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) pengamatan keterampilan guru; dan (4) respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase keaktifan siswa meningkat dari persentase 10 persen memperoleh nilai sangat baik pada siklus I, 52 persen pada siklus II, dan 82 pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru me ningkat dari perolehan skor 2,28 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 3,25 pada siklus II dengan kategori baik, dan 3,75 pada siklus III dengan kategori sangat baik; (4) Respon siswa, terhadap model pembelajaran pembelajaran timbal balik (Reciprocal Teaching). dapat dikatakan baik dan dapat meningkatkan keaktifan siswa.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (CUT PUTRI REZEKI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 MAN MODEL BANDA ACEH (Fajar Mailina, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWARNKELAS XI IPS MAN 3 BANDA ACEH (RAHMAWATI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya