Search :
Advance

ANGGUN MAULIDA NENGSIH.HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT MENJADI GURU DENGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Nengsih, Anggun Maulida. 2017. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Minat Menjadi Guru Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Jurusan Geografi FKIP Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Hasmunir, M. Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M. Si Kata Kunci: motivasi berprestasi, minat menjadi guru, keterampilan dasar mengajar Keprofesionalan guru dapat ditentukan salah satunya dengan melihat keterampilan dasar mengajarnya. Keprofesionalan guru dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor internal yang mempengaruhi kualitas guru ialah motivasi berprestasi dan minat menjadi guru. Rumusan masalah ialah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan minat menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar program pengalaman lapangan mahasiswa jurusan geografi FKIP Unsyiah. Adapun tujuannya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan minat menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar program pengalaman lapangan mahasiswa jurusan geografi FKIP Unsyiah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasinya adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Program Pengalaman Lapangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan koefisien korelasi ganda. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat hubungan yang cukup kuat namun tidak signifikan antara motivasi berprestasi dan minat menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar program pengalaman lapangan mahasiswa jurusan geografi FKIP Unsyiah.


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH (HANISAH, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGARUH TERHADAP IPK MAHASISWA BIDIKMISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SRI RASYIIDU TEBE, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN EKSPERIMEN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2012 FKIP UNSYIAH (khairunnisa, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya