Search :
Advance

Rahmi Hidayana.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Hidayana, Rahmi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probleam Based Learning Berbantuan Media Video Audio Visual Untuk Meningkatkan Hash Belajar IFS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Hasmunir, M.Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci : Penerapan, Problem Based Learning , Video, Audio, Visual, Hasil Belajar. Model pembelaj aran probleam based learning adalah proses berfikir tentang masalah kehidupan nil disekitar siswa. Pembelaj aran PBL dapat melatih siswa aktif dan berfikir kritis selain itu adanya kerja sama dalam kelompok untuk Mencapai tujuan pembelajaran yang sama dan siswa memperoleh pengalaman sendiri untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning berbantuan media video audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeni 3 Banda Aceh yang beijumlab 32 orang. Pengunipulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) lembar respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dan 20 siswa yang tuntas Pada siklus I , 25 siswa tuntas pada siklus II, dan 30 tuntas pada siklus III, Persentase ketuntasan kiasikal pun meningkat dan 60% pada sikius I, 80% pada siklus II, dan 90% pada sikius III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru meningkat dan perolehan skor 2,5 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 3,1 pada siklus II dengan kategori baik, dan 3,4 path siklus III dengan kategori baik; (4) Respon siswa, terhadap model pembelajaran problem based learning berbantuan media video audio visual dapat dikatakan baik. 95 persen dan 32 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melaluli model pembelajaran problem based learning berbantuan media video audio visual dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadapmateni yang telah dipelajri.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Raihan Zakia, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH. (Januar, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA KOLASE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP 18 BANDA ACEH (Ikram, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya