Search :
Advance

YULIANA RIZKI.PENGEMBANGAN MODUL PEMAHAMAN DIRI TENTANG KARIR UNTUK SISWA SMA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Rizki, Yuliana. 2017. Pengembangan Modul Pemahaman Diri tentang Karir Untuk Siswa SMA. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. M.Husen, M.Pd., (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Pemahaman Diri, Karir Masa remaja adalah suatu masa bagi individu untuk mempersiapkan diri memasuki masa dewasa. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah pemilihan dan penetapan arah karir. Remaja memiliki berbagai masalah yang berkaitan dengan pemahaman, perencanaan dan pemantapan diri berkenaan dengan karir yang penting untuk diperhatikan terutama dalam bidang bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa sebuah modul pemahaman diri karir yang layak untuk digunakan baik secara mandiri oleh siswa maupun sebagai media dalam layanan bimbingan karir di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket. Sebelum Modul diterapkan dilakukan validasi produk dengan ahli materi yang menghasilkan kesimpulan bahwa modul berada pada kategori baik sementara validasi dengan ahli media menghasilkan kesimpulan bahwa modul berada pada kategori sangat baik. Setelah itu dilakukan Uji coba operasional pada pengguna yaitu guru BK dan siswa setelah modul direvisi menghasilkan kesimpulan bahwa modul berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya dilakukan uji coba pemakaian kepada 40 orang siswa SMA Negeri 1 Darul Imarah, Aceh Besar dan dilakukan analisis dengan uji t diketahui bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 11,73 dan pada saat post-test meningkat menjadi 14,00, dengan signifikansi 0,00. Dari data di atas dapat disimpulkam bahwa peningkatan sebesar 2,27 signifikan atau terdapat peningkatan secara signifikan pada skor siswa sebelum dan sesudah diterapkannya modul pemahaman diri tentang karir.


Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR BERBASIS MASALAH UNTUK SMA DALAM UPAYA RNMENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Izkar hadiya s.si, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Ayu Rahmi, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PROGRAM STUDI DIPLOMA III SEKRETARI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA, DARUSSALAM BANDA ACEH (Cut Rama Fitri, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TANAH SEBAGAI MODUL INTEGRATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNSUR SMA (Zatul Muna, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KARIR INDIVIDU DAN PROGRAM PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DOSEN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATING (Magfirah, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya