Search :
Advance

Cut Lidya Natasya K.PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DAN LKS UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IS SMA NEGERI 12 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

v ABSTRAK Lidya Natasya Kumala, Cut. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Animasi dan LKS Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X IS SMA Negeri 12 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Thamrin K, M.Si (2) Drs. Syamsul Bardi, M.Si Kata Kunci : penerapan, penemuan, animasi, hasil belajar. Model pembelajaran penemuan terbimbing merupakan salah satu model yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media animasi dan LKS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Soal pre-test dan post-test; (2) pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) pengamatan keterampilan guru; dan (4) respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 17 siswa yang tuntas pada siklus I, 21 siswa tuntas pada siklus II, dan 25 tuntas pada siklus III, persentase ketuntas an klasikal pun meningkat dari 40% pada siklus I, 80% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 2,49 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 2,86 pada siklus II dengan kategori baik, dan 3,41 pada siklus III dengan kategori baik; (4) Respon siswa, terhadap model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan media animasi dan LKS. dapat dikatakan baik.


Tulisan yang relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Aulya Desanti, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (FITRI MUNARA, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH (BANTA CHAIRULLAH, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON (DARMAWAN, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya