Search :
Advance

Muzakkir.PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

v ABSTRAK Muzakkir.2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Gallery Walk dengan Model Pembelajaran Poster Session Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Drs. Thamrin K, M.Si Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, gallery walk, poster session, geografi Model pembelajaran merupakan rancangan dasar bagi seorang guru tentang cara melaksanakan pembelajaran secara bertanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi optimal. Beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran gallery walk dan poster session. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pemeblajaran gallery walk lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model poster session pada mata pelajaran Geografi kelas X IS di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pemmbelajaran gallery walk lebih baik dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran poster session pada mata pelajaran Geografi Kelas X IS di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS di SMA Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling purposive, diambil hanya dua kelas yaitu kelas X IS 1 sebanyak 22 siswa dan kelas X IS 2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemeberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 6,96 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 41, artinya sesuai dengan kriteria thitung > ttabel atau 6,96 > 1,68 sehingga H a diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi yang diajarkan dengan model pembelajaran gallery walk lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran poster session pada siswa kelas X di SMA Negeri 11 Banda Aceh.


Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IIS DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Cut Nurasma, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON (DARMAWAN, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IS DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Nova Multi Rizkina, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya