Search :
Advance

Inurkartina.HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DAN KELAS IX MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Kartina, Inur. 2017. Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dan Kelas IX Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing: (1) Drs. Amsal Amri, M.Pd., (2) Drs. Thamrin K,M. Si. Kata kunci: hubungan, konsep diri, dukungan orang tua, hasil belajar IPS. Konsep diri siswa adalah yakin akan kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah siswa. Merasa setara dengan orang lain, menerima pujian tanpa rasa malu, siswa menyadari bahwa setiap orang memliki perasaan, keinginan dan juga perilaku yang tidak seluruhnya disetujui oleh orang lain .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan anta ra konsep diri dan dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VIII dan kelas IX SMP 1 Muhammadiyah Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VIII dan kelas IX di SMP Muhammdiyah Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII dan Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi data sekolah dan pengisian angket oleh siswa kelas VIII dan Siswa kelas IX SMP 1 Muhammadiyah Banda Aceh. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: hubungan konsep diri dan dukungan orang tua tehadap hasil belajar siswa kelas IIIV dan kelas IX Muhammdiyah 1 Banda Aceh adalah sebesar 0,137 yang menyatakan bahwa hubungan sangat rendah. Hubungan antara konse p diri ( ), dukungan orang tua ( ), dan hasil belajar IPS (Y) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perbandingan nilai dan yaitu, 0,23 < 0,34. simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifika n antara konsep diri dan dukungan orang tua dengan hasil belajar Siswa Kelas VIII dan Siswa kelas IX SMP Muhammdiyah 1 banda Aceh.


Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Irfan. S, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (EMI KURNIAWAN, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL BERBASIS VIDEO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (SITI HAWA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya