Search :
Advance

Yadi Putra.PENGALAMAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN NAGAN RAYA. Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

PENGALAMAN KELUARGA DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN KELUARGA PADA PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN NAGAN RAYA Oleh: Yadi Putra NPM. 1409200180022 Komisi Pembimbing Dr. Drs. Mudatsir, M.Kes Teuku Tahli, S.Kp., M.S., Ph.D ABSTRAK Dukungan keluarga merupakan bantuan yang diberikan oleh keluarga kepada anggota keluarga baik verbal atau non verbal. Dukungan ini bisa diberikan dalam bentuk dukungan emosional, penghargaan, informasi dan instrumental/nyata terutama pada penderita kusta. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pengalaman keluarga dalam memberikan dukungan keluarga pada penderita kusta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview secara face to face. Penelitian ini menggunakan fenomenologi deskriptif. Sampel berjumlah 8 orang dipilih dengan tekhnik random sampling di buat penomoran dan dilakukan undian. Hasil analis data berupa Transkrip penelitian dianalisis dengan analysis tematik untuk mengindentifikasi tema dan kategori. Hasil penelitian ini menemukan dukungan emosional yaitu semangat, empati dan rasa aman, mengurangi putus asa. Dukungan penghargaan yaitu pengakuan dan perhatian. Dukungan informasional yaitu saran, nasehat, informasi yang diperoleh, menglibatkan orang yang dihormati. Dukungan instrumental yaitu yaitu bantuan tenaga, sumber dana, menyediakan waktu dan transportasi. Dukungan keluarga sangat berperan terhadap proses penyembuhan hendaknya dukungan dari keluarga menjadi salah satu kekuatan dalam memotivasi dan memberikan perhatian yang khusus pada anggota keluarga menderita kusta. Kata Kunci: Pengalaman Keluarga, Dukungan Keluarga, Kusta.


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGANYA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PIDIE JAYA (Cut Rahmi Soraya, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA LEPRA DI PUSKESMAS TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN 2014 (NURMASYITHAH, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UPAYA PREVENTIF PRIMER PENYAKIT KUSTA PADA KELUARGA DI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD ARIEF, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN ACEH UTARA (Khumaira Riani, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Teuku Fajar, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya