Search :
Advance

Supriadi.PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN TERHADAP PRODUKTIFITAS DAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BUPATI KABUPATEN ACEH JAYA. Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Manajemen kepegawaian negeri sipil masih menyimpan banyak persoalan. Kelebihan pegawai yang terjadi hampir di semua instansi pemerintahan telah menimbulkan berbagai masalah dalam manajemen kepegawaian negeri sipil di Indonesia terutama rendahnya kinerja dan produktivitas kerja. Dalam lingkungan kerja Kantor Bupati Kabupaten Aceh Jaya, pegawai saling berkomunikasi sesamanya sehingga terciptanya suatu interaksi dalam mengetahui berbagai masalah yang terjadi di lingkungan kerja terutama mengenai tanggungjawab, tujuan-tujuan yang diharapkan, kondisi yang terjadi dalam instansi dan sebagainya mengenai perubahan aturan kerja. Komunikasi interpersonal memberi kepercayaan yang kuat bagi pegawai sehingga mereka dapat menyatukan kembali lingkungan kerja yang sedang tidak kondusif. Kondisi ini akan berdampak terhadap produktivitas kerja pegawai. Berdasarkan ulasan tersebut penulis tertarik untuk mengadakan serangkaian penelitian ilmiah tentang pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai pada kantor Bupati Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi interpersonal pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Bupati Kabupaten Aceh Jaya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 orang pegawai tetap (PNS). Teknik pengumpulan data digunakan angket dalam bentuk skala likert, metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linear berganda didapat model hubungan antara variabel terikat (Y) dengan variabel bebas (X1, X2) diperoleh model regresi yaitu Y= 2,799 + 0,587, X1 + 0,277, X2. Hasil analisa yang sudah diuji, pemerintahan pada Kantor Bupati Kabupaten Aceh Jaya juga sangat berpengaruh antara komunikasi interpersonal pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai yang memiliki persentase 88,6% dan juga memiliki signifikansi pengaruhnya yaitu 0,000. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Produktivitas, Kinerja


Tulisan yang relevan

ANALISIS KINERJA PEMERINTAHAN KECAMATAN SE-KABUPATEN ACEH JAYA (Hamdani, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH DESAIN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN PERSEPSI PSIKOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA BEBERAPA DINAS DI KABUPATEN PIDIE JAYA) (Rahmat Rizki, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KOMPENSASI DAN PENGAWASAN PIMPINAN TERHADAP DISIPLIN DAN DAMPAKNYA PADA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DINAS KESEHATAN KABUPATEN ACEH JAYA (ASMAWAR, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN GAYA KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PIDIE JAYA (Sulaiman, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KETELADANAN KEPEMIMPINAN DAN PENERAPAN PERATURAN TERHADAP DISIPLIN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KABUPATEN ACEH JAYA (Aulia Sofyan, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya