Search :
Advance

DESRA SAHPUTRA.ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Desra Sahputra. 1305108010031. Analisis Penggunaan Lahan Eksisting Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Di bawah bimbingan Sugianto sebagai pembimbing utama dan Muhammad Rusdi sebagai pembimbing anggota. RINGKASAN Daerah pinggiran kota merupakan wilayah yang banyak mengalami perubahan penggunaan lahan terutama perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi non pertanian yang disebabkan adanya pengaruh perkembangan kota di dekatnya. Kecamatan Darul Imarah merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Besar yang secara administrasi berbatasan langsung dengan Kota Banda Aceh. Selain itu Kecamatan Darul Imarah juga merupakan kecamatan yang memiliki jumlah penduduk tertinggi di Kabupaten Aceh Besar dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penggunaan lahan eksisting di Kecamatan Darul Imarah, menganalisis pola ruang Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar tahun 2012-2032, dan menganalisis keselarasan penggunaan lahan eksisting di Kecamatan Darul Imarah berdasarkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Aceh Besar tahun 2012-2032. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Pengolahan data dilakukan di Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini dimulai dari bulan April sampai Juli 2017 menggunakan metode deskriptif dengan teknik survai. Sedangkan analisis data spasial menggunakan SIG dengan konsep extract, overlay dan reclassify. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas penggunaan lahan eksisting terbesar di Kecamatan Darul Imarah adalah permukiman dengan luas 1.144,42 ha (47,00%), dan kelas penggunaan lahan terkecil adalah tubuh air dengan luas 0,83 ha (0,03%). Berdasarkan arahan penggunaan lahan di Kecamatan Darul Imarah yang terluas dicadangkan untuk kawasan perkotaan (45,66%), diikuti oleh pertanian lahan basah (33,37%), dan peruntukan untuk penggunaan lahan lainnya berkisar di bawah 10%. Sebesar 66,91% dari 2.434,69 ha penggunaan lahan eksisting di Kecamatan Darul Imarah telah selaras dengan RTRW, 27,92% belum selaras dan hanya 5,17% penggunaan lahan di Kecamatan Darul Imarah yang ditemukan tidak selaras dengan arahan RTRW.


Tulisan yang relevan

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mirza Arbi, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS NERACA PENGGUNAAN LAHAN DAN PERUBAHANNYA TERHADAP RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN PIDIE (Zulfajri, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN UNTUK TANAMAN PERKEBUNAN BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KABUPATEN NAGAN RAYA (Fandi purnama, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya