Search :
Advance

Yuri Fadhilah.KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA LAMPIRAN SKRIPSI MAHASISWA PRODI GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2015-2016. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Fadhilah, Yuri. 2017. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Lampiran Skripsi Mahasiswa Prodi Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala Tahun 2015-2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Hasmunir, M.Si (2) Drs. Syamsul Bardi, M.Si Kata Kunci : Kesesuaian, Mahasiswa, Kurikulum, Geografi, Skripsi. Perencanaan pembelajaran memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswanya. Perencanaan pembelajaran juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesesuaian perumusan indikator; (2) tingkat kesesuaian pengorganisasian materi ajar; (3) tingkat kesesuaian pemilihan sumber dan media pembelajaran; (4) tingkat kesesuaian model/metode pembelajaran : dan (5) tingkat kesesuaian penilaian hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skripsi mahasiswa Prodi Geografi FKIP Unsyiah tahun 2015-2016 yang mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) didalamnya. Jumlah sampel dalam penilitan ini adalah 44 skripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data yang terkumpul berupa komponen-komponen perencanaan pembelajaran dari berbagai variasi model pembelajaran diberikan skor. Mengingat format pembelajaran bentuknya bervariasi, maka untuk memberi skor atau penilaian digunakan penilaian standar nasional yang tercantum dalam buku pedoman sertifikasi guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase aspek perumusan indikator dengan katagori sangat baik 56,9%; (2) Aspek pengorganisasian materi ajar sangat baik dengan persentase 79,5%; (3) aspek pemilihan sumber dan media pembelajaran diperoleh 84,1% dengan kategori sangat baik; (4) Aspek model atau metode pembelajaran dengan kategori sangat baik, 72,7%: (5) Aspek penilaian hasil belajar sangat baik dengan persentase 86,2%.


Tulisan yang relevan

KESESUIAN RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA OLEH GURU DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 (Syafriska Maulyani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PELAKSANAAN UU NO 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) (Safarina, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN NILAI INDEKS PRESTASI MKPBM DAN MKBS DENGAN NILAI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Muhammad Khairul Maulana, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR ANTARA MAHASISWA KURIKULUM KONVENSIONAL DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2013 (Yursilisna, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGETAHUAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL PRODI FISIKA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 (Riyanti Husna, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya