Search :
Advance

FIRLI IRHAMNI.PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU KELAS DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Irhamni Firli, 2017. Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Guru Kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dra. Tati Fauziah M. Pd (2) Tursinawati, S. Pd. I., M. Pd Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru. Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Guru Kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan mengajar pada guru kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh dan apakah kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menerapka n keterampilan mengajar di SD Negeri 16 BandaAceh.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keterampilan mengajar pada guru kelas di SD Negeri 16 Banda Aceh, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menerapkan keterampilan mengajar di SD Negeri 16 BandaAceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah enam orang guru kelas. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan mengajar yang dilakukan oleh guru di SDN 16 Banda Aceh telah mencapai hasil yang sangat baik. sebagaimana yang diketahui berdasarkan hasil observasi bahwa pelaksanaan yang dilakukan oleh guru mencapai nilai rata -rata 4,9 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengajar telah memadai untuk mendukung proses pembelajaran dikelas. Siswa terlibat aktif dalam proses belajar baik yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Siswa aktif dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, mengungkapkan gagasannya, dan menyimpulkannya. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan keterampilan mengajar bertanya mengenai pelajaran kepada siswa, menyediakan media pembelajran yang dapat menarik perhatian siswa, guru sulit menciptakan komunikasi antara siswa dengan guru ataupun siswa dengan siswa lainnya. biasannya komunikasi terjal in satu arah, yaitu dari guru kepada siswa, kendala dalam memastikan bahwa semua siswa dapat memahami penjelasan guru dan kendala dalam melibatkan siswa aktif untuk berdiskusi.


Tulisan yang relevan

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KETERAMPILAN KONSELING MAHASISWA BK DALAM MELAKSANAKAN PPL DI SEKOLAH ( SUATU PENELITIAN PADA GURU PAMONG DI SEKOLAH LATIHAN DALAM KOTA BANDA ACEH) (Khairul Misbah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH KEBIASAAN MENGAJAR GURU DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI.IPA SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (maharani sari palga, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 56 BANDA ACEH (Elly Fitria, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KOMPETENSI GURU PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI BENER MERIAH (RINI MASTURA, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya