Samudra Hus. ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI PADA SD NEGERI KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sarana dan prasarana, tingkat kesiapsiagaan, dan konsep sekolah siaga bencana pada sd negeri kajhu aceh besar terhadap bencana gempa dan tsunami. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. penelitian ini dilakukan pada seluruh komunitas sd negeri kajhu aceh besar yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, staf guru, penjaga sekolah, penjaga kantin, dan siswa. sampel penelitian diambil sebanyak 73 orang. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner yang dibagikan kepada komunitas sekolah dengan menggunakan rumus persentase. hasil penelitian menunjukkan ketersediaan sarana dan prasarana komunitas sekolah dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami yang diukur menggunakan parameter pengukuran sarana dan prasara sekolah siaga bencana, ada beberapa item yang harus dilengkapi, seperti ketersediaanya cadangan logistik, tersedianya

Baca Juga : ANALISIS KEBUTUHAN SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI PADA SD NEGERI KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (Samudra Hus, 2017) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015) ,

bu arah evakuasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh komunitas sekolah, serta tersedianya tempat evakuasi di kawasan sd negeri kajhu aceh besar. untuk tingkat kesiapsiagaan komunitas sekolah, diukur dengan menganalisis 4 indikator kunci kesiapsiagaan yaitu pengetahuan, peringatan dini, kesiapsiagaan terhadap bencana, serta mobilisasi sumber daya, maka dapat dideskripsikan bahwa kesiapsiagaan komunitas sd negeri kajhu aceh besar terhadap bencana gempa dan tsunami sudah termasuk katagori baik, dengan nilai rata-rata variabel kesiapsiagaan adalah 67. untuk itu konsep yang diperlukan untuk menjadikan sekolah siaga bencana adalah pihak sekolah melengkapi kekurangan yang telah didata untuk menjadikan sekolah siaga bencana, diantaranya menyiapkan konsep arah rambu arah evakuasi bencana tsunami yang mudah dimengerti oleh komunitas sekolah. kata kunci : kesiapsiagaan, sekolah siaga bencana, gempa dan tsunami abstract this study aims to determine the needs of facilities and infrastructure, the level of preparedness, and the concept of disaster preparedness schools in the state elementary school kajhu aceh besar to the earthquake and tsunami disaster. this research is descriptive qualitative and quantitative research. this research was conducted in all community of sd negeri kajhu aceh besar consisting of principal, vice principal, head of administration, staff of teacher, school guard, cafeteria caretaker, and student. the sample was taken as many as 73 people. the data were collected by observation, interview, and distribution of questionnaires distributed to the school community using the percentage formula. the results showed the availability of facilities and infrastructure of the school community in dealing with the earthquake and tsunami disaster measured using measurement parameters of disaster preparedness and school facilities, there are several items that must be completed, such as availability of logistics reserves, the availability of clear evacuation signs and easily understood by the community schools, and the availability of evacuation sites in sd negeri kajhu aceh besar. for the level of school community preparedness, measured by analyzing four key indicators of preparedness, namely knowledge, early warning, disaster preparedness, and resource mobilization, it can be described that community preparedness of sd negeri kajhu aceh besar to the earthquake and tsunami disaster has been included good category, with the average value of the preparedness variables is 67. therefore the concept needed to make the disaster prepared school is the school complements the shortcomings that have been recorded to make the disaster alert school, including preparing the concept of the direction of the tsunami disaster evacuation direction easily understood by the school community. keywords: preparedness, school disaster preparedness, earthquake and

Tulisan yang relevan

KESIAPSIAGAAN GURU DALAM MENGHADAPI BENCANA RNGEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA RNDAN KUTA ALAM: A COMPARATIVE STUDY (ALFIYATUL RAHMI, 2015) ,

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SMA NEGERI 2 KLUET UTARA MENJADI SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (FADLI SUHADA, 2015) ,

KAJIAN KONDISI MUTU BANGUNAN SEKOLAH PASCA 10 TAHUN (SDN 65 GAMPONG LAMPULO DAN SMPN 1 GAMPONG KAJHU) TSUNAMI (Mufarrah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi