Rifki Maqfirah. PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak rifki maqfirah (2017). peningkatan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa mtsn melalui penerapan model problem based learning (pbl) pembelajaran matematika yang kurang melibatkan siswa menyelesaikan masalah non-rutin mengakibatkan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. seterusnya, kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran matematika juga berakibat kepada rendahnya disposisi matematis siswa yang meliputi rasa percaya diri, keingintahuan serta kegigihan siswa dalam belajar matematika. pembelajaran matematika dengan model problem based learning (pbl) dapat membantu siswa menumbuhkan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pbl dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. penelitian ini menggunakan desain pre-test post-tes control group design.

Baca Juga : KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018) ,

Baca Juga : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019) ,

ulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii mtsn tungkop aceh besar, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas vii3 (kelas ekperimen) dan siswa kelas vii4 (kelas kontrol). instrumen penelitian terdiri atas tes representasi matematis dan angket disposisi matematis. analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dan uji korelasi. hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pbl lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pbl lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan representasi matematis dengan disposisi matematis siswa. dengan demikian, diharapkan guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan representasi maupun disposisi matematis siswa. kata kunci: pembelajaran model problem based learning (pbl), kemampuan representasi matematis, disposisi

Tulisan yang relevan

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019) ,

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019) ,

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi