Search :
Advance

Putri Nurfajar.PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Putri Nurfajar (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Proses belajar matematika haruslah disertai dengan pemahaman. Salah satu konsep matematika yang memerlukan pemahaman matematika yaitu konsep integral tak tentu. Integral tak tentu merupakan bagian dari konsep integral yang dianggap sulit oleh siswa. Pemahaman konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matematika secara bermakna. Pengetahuan bermakna akan terjadi apabila informasi yang baru diterima siswa mempunyai kaitan erat dengan konsep yang sudah ada/diterima sebelumnya. Solusi yang dapat digunakan agar siswa belajar integral tak tentu secara bermakna yaitu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS untuk membantu siswa mengkonstruksi pemahaman konsep integral tak tentu dari fungsi aljabar. Salah satu teori belajar matematika yang membantu siswa mengkonstruksi pemahaman konsep matematika adalah teori APOS. Teori APOS adalah suatu teori konstruktivis tentang bagaimana kemungkinan berlangsungnya pembelajaran suatu konsep matematika yang digunakan sebagai elaborasi tentang konstruksi mental dari aksi, proses, objek, dan skema. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan untuk terpenuhi valid, praktis, dan efektif adalah model pengembangan ADDIE yang langkah-langkah pengembangannya terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 dipilih secara acak sebagai subjek ujicoba terbatas dan siswa kelas XI MIA-1 yang berjumlah 30 orang sebagai subjke ujicoba lapangan. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS yang valid dari hasil validasi yang menunjukkan kreteria valid. Perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS yang dikembangkan dikatakan praktis terlihat dalam rekomendasi validator bahwa perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS dapat digunakan dengan sedikit revisi dam keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 5 tergolong kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS dikatakan efektif terlihat dari rata-rata aktivitas on task siswa yang baik, rata-rata aktivitas siswa juga baik, adanya peningkata skor tes formatif, guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran berdasarkan teori APOS di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan di dalam penelitian ini telah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: integral tak tentu, teori APOS, pemahaman konsep matematika


Tulisan yang relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRAL MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN SOFTWARE MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA (Siti Hajar, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (NURUL AUFA, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA (Suci Mahya Sari, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Siska Adilla, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya