Search :
Advance

Maya Wulandari.PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA BERDASARKAN GENDER PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI MELALUI PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING (SAPS) DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Kimia Berdasarkan Gender Peserta Didik Kelas X pada Materi Stoikiometri Melalui Penerapan Systematic Approach to Problem Solving (SAPS) di SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia berdasarkan gender peserta didik kelas X, aktivitas belajar peserta didik laki-laki dan perempuan pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAPS, dan respon peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap penerapan SAPS pada materi stoikiometri. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-2 yang terdiri dari peserta didik perempuan dan kelas X MIA-5 yang terdiri dari peserta didik laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausal-komparatif. Data penelitian diperoleh melalui soal essai untuk melihat hasil belajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur aktivitas peserta didik dan angket disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pendekatan SAPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hasil belajar peserta didik perempuan lebih baik yaitu sebesar 71,58% dibandingkan peserta didik laki-laki sebesar 47,94%. Hasil aktivitas belajar peserta didik perempuan yaitu 64,11%, sedangkan aktivitas peserta didik laki-laki sebesar 40,36%. Tanggapan peserta didik perempuan terhadap penerapan SAPS memberikan respon positif sebanyak 95,98% dan respon negatif sebanyak 4,01%, sedangkan peserta didik laki-laki memberikan respon positif sebanyak 73,95% dan respon negatif sebanyak 26,03%.


Tulisan yang relevan

PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING(SAPS)PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (cut ernawati, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TETAPAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Saidaturrahmi, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya