Maya Wulandari. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA BERDASARKAN GENDER PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI MELALUI PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING (SAPS) DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “perbandingan hasil belajar kimia berdasarkan gender peserta didik kelas x pada materi stoikiometri melalui penerapan systematic approach to problem solving (saps) di sma negeri 5 banda aceh”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia berdasarkan gender peserta didik kelas x, aktivitas belajar peserta didik laki-laki dan perempuan pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saps, dan respon peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap penerapan saps pada materi stoikiometri. subjek dalam penelitian ini adalah kelas x mia-2 yang terdiri dari peserta didik perempuan dan kelas x mia-5 yang terdiri dari peserta didik laki-laki. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausal-komparatif. data penelitian diperoleh melalui soal essai untuk melihat hasil belajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur aktivitas peserta didik dan angket disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui

Baca Juga : PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING(SAPS)PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (cut ernawati, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016) ,

tanggapan peserta didik terhadap pendekatan saps. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan. hasil belajar peserta didik perempuan lebih baik yaitu sebesar 71,58% dibandingkan peserta didik laki-laki sebesar 47,94%. hasil aktivitas belajar peserta didik perempuan yaitu 64,11%, sedangkan aktivitas peserta didik laki-laki sebesar 40,36%. tanggapan peserta didik perempuan terhadap penerapan saps memberikan respon positif sebanyak 95,98% dan respon negatif sebanyak 4,01%, sedangkan peserta didik laki-laki memberikan respon positif sebanyak 73,95% dan respon negatif sebanyak

Tulisan yang relevan

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI TABUNG KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018 (Rosmidar Tinambunan, 2018) ,

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TETAPAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Saidaturrahmi, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Viza Viranza, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi