Search :
Advance

Sudirman.KEMAMPUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGIKUTI PENGAJARAN MIKRO DI FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2016-2017. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Sudirman. 2017. Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dalam Mengikuti Pengajaran Mikro di Fkip Unsyiah Tahun Akademik 2016-2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Elisa Kasli, M.Si. , (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan, keterampilan mengajar, pengajaran mikro. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Unsyiah mengalami kesulitan dalam mengikuti pengajaran mikro kususnya pada kegiatan keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa program studi pendidikan fisika dalam mengikuti pengajaran mikro di FKIP Unsyiah tahun akademik 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena data-data kuantitatif digunakan dalam analisis statistik parametrik dan interprestasi data disajikan dalam bentuk deskriptif. Jenis penelitian ini adalah description research (penelitian deskriptif) dalam bentuk persentase. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika yang mengambil pengajaran mikro pada tahun akademik 2016-2017. Pada pengambilan sampel, peneliti mengambil seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika yang melaksanakan praktik Program Pembelajaran Mikro pada semester ganjil tahun akademik 2016-2017 sejumlah 64 orang mahasiswa (sampel total). Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode lembar observasi dalam bentuk angket. Dalam usaha menjawab hipotesis, maka dalam penelitian ini dilakukan dengan uji statstistik t. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung = 5.80 . Jika dibandingkan dengan ttabel= 1.645 pada taraf signifikansi 0,05% dengan dk = n 1 = 64 -1 = 63, menunjukkan bahwa harga th > tt atau 5.80 > 1,645. Hal ini berarti bahwa mahasiswa program studi pendidikan fisika mampu dalam mengikuti pengajaran mikro di FKIP Unsyiah tahun akademik 2016-2017. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan fisika mampu dalam mengikuti pengajaran mikro di FKIP Unsyiah tahun akademik 2016-2017. Dari hasil data yang didapatkan setelah melakukan penelitian diperoleh tingkat kemampuan mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Unsyiah berkisar antara 77.67%. hal ini dikategorikan mampu.


Tulisan yang relevan

PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA TERHADAP MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA MAHASISWA FISIKA SEMESTER GENAP 2016/2017 FKIP UNSYIAH (M. Iqbal Sugita, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (MKSBM) DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA BIOLOGI PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO (MKPM) TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (Raduan, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (ILIANTI, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN JALUR SELEKSI MASUK JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yenni Claudya, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN PERENCANAAN PENGAJARAN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA PROGRAM STUDI FISIKA (tia listika, 2013) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya