Search :
Advance

Malik Yakubi.MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Kata kunci: four-tier multiple choice, tingkat pemahaman, ikatan kimia Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar persentase tingkat pemahaman siswa pada materi ikatan kimia dengan menggunakan instrumen penilaian four-tier multiple choice (FTMC) dan mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen penilaian FTMC dalam menganalisis tingkat pemahaman siswa. Jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 sebanyak 31 orang dan guru 5 orang guru mata pelajaran kimia tahun ajaran 2016/2017 yang ditentukan berdasarkan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan tes dan angket. Tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda FTMC sebanyak 15 butir dan lembar angket tanggapan guru sebanyak 5 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat pemahaman siswa pada materi ikatan kimia yang dianalisis menggunakan instrumen FTMC yang dikategorikan paham konsep sebesar 43%, tidak paham konsep 27%, miskonsepsi 19%, dan error 11% serta tanggapan guru terhadap penggunaan instrumen penilaian FTMC dalam menganalisis tingkat pemahaman siswa pada materi ikatan kimia dikategorikan baik sekali dengan persentase 92%.


Tulisan yang relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusnidar, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGUKURAN TINGKAT BERPIKIR SISWA MELALUI TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KOLOID (Asyirah Darmia, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Aida Auliyani, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PADA LEVEL SUBMIKROSKOPIK DAN SIMBOLIK RN(STUDI PADA SISWA KELAS XI SMA PESERTA BIMBINGAN BELAJAR RNSONY SUGEMA COLLEGE BANDA ACEH) (Ismaniara, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya