Nurlaili. HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI-IS SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak nurlaili, 2016. hubungan kemandirian beajar dan self-efficacy dengan hasil belajar geografi siswa kelas xi is sma negeri 1 peukan bada aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1)drs. abdul wahab abdi, m.si. (2)drs. amsal amri, m.pd. kata kunci: kemandirian belajar, self-efficacy, hasil belajar geografi. salah satu masalah utama pendidikan yaitu kurangnya sifat mandiri dan rasa yakin (self-efficacy) pada diri siswa. dalam konteks belajar diperlukan sifat mandiri untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri peserta didik. untuk itu diperlukan self-efficacy yang tinggi yang dapat membantu sifat mandiri tumbuh dan berkembang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan self-efficacy dengan hasil belajar gografi siswa kelas xi is sma negeri 1 peukan bada aceh besar. populasi penelitian ini adalah kelas xi is1 dan xi is2 yang berjumlah 43 siswa. teknik

Baca Juga : PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SISWA SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurmala, 2019) ,

Baca Juga : IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurul Hijjah, 2017) ,

pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket dan pemberian tes. teknik pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda, koefisien determinasi berganda, koefisien korelasi ganda dan uji f. berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai koefisien determinasi berganda sebesar 23%, sisanya 77% dipengaruhi oleh faktor lain. nilai koefisien korelasi ganda antara hubungan kemandirian belajar dan self-efficacy dengan hasil belajar geografi sebesar 0,47 yang berarti terdapat korelasi taraf sedang. hasil pengujian signifikansi diperoleh f¬hitung > ftabel yaitu 5,95 > 3,23 yaitu terima ha. artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan kemandirian belajar dan self-efficacy dengan hasil belajar geografi kelas xi is sma negeri 1 peukan bada aceh besar. hal tersebut berarti bahwa semakin baik kemandirian belajar dan self-efficacy pada diri siswa maka semakin baik pula hasil belajar geografi yang

Tulisan yang relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 UNGGUL PEUKAN BADA (Reni melisa, 2014) ,

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016) ,

“PERBANDINGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DENGAN MEDIA ANIMASI CAMTASIA SIMULATION FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMAN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR” (mira elviani, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi