Cut Windasari. PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif serta hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia. penelitian ini dilaksanakan di mas babun najah banda aceh pada 23 april sampai dengan 12 mei 2016. metode yang digunakan true-eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. populasi berasal dari empat kelas yaitu xi mia-1, xi mia-2, xi mia-3 dan xi mia-4, sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu xi mia-1 sebagai kelas kontrol dan xi mia-3 sebagai kelas eksperimen. instrumen penelitian menggunakan lembar inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar kognitif. data dianalisis dengan uji independent samples t-test dengan bantuan spss 17.0 for windows. hubungan kesadaran metakognitif

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 16 BANDA ACEH (Saidatunnisa, 2017) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MAN 3 BENER MERIAH (Rahayu Wulandari, 2018) ,

dengan hasil belajar kognitif dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh nilai korelasi positif dengan kategori kuat, yang berarti bahwa semakin tinggi kesadaran metakognitif maka semakin meningkat hasil belajar kognitif peserta didik. dapat disimpulkan bahwa model guided discovery dapat meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik, serta terdapat hubungan yang kuat antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia di mas babun najah banda aceh. kata kunci: guided discovery, kesadaran metakognitif, hasil belajar kognitif, sistem reproduksi

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS GENDER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (LASRI, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi