Search :
Advance

TEUKU RIDHA MUHAMMAD SAPUTRA.PENERAPAN WIRELESS SENSOR NETWORK BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA KANDANG AYAM UNTUK MEMANTAU DAN MENGENDALIKAN OPERASIONAL PETERNAKAN AYAM. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Usaha peternakan ayam pedaging merupakan usaha yang menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan daging ayam untuk konsumsi rumah tangga rata-rata 1,56% per tahun atau sebesar 4,69 kg/kap/tahun. Untuk dapat memenuhi semua permintaan konsumen, maka jumlah produksi perlu ditingkatkan dan dibutuhkan efisiensi dalam pengelolaan peternakan agar menghasilkan ayam yang berkualitas. Penerapan Internet of Things (IoT) merupakan langkah yang tepat dalam membantu para peternak dalam kegiatan mereka sehari hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem Wireless Sensor Network (WSN). Sistem ini berguna sebagai alternatif pemeriksa kandang ayam, sehingga para pekerja tidak terlalu sibuk untuk memeriksa selalu kondisi kandang ayam. Sistem ini juga mampu mengendalikan suhu di dalam kandang peternakan sesuai dengan umur ternak.


Tulisan yang relevan

PERTUMBUHAN AZOLLA MICROPHYLLA DENGAN KOMBINASI PUPUK KOTORAN TERNAK YANG BERBEDA (eva surdina, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

CEMARAN SALMONELLA PADA TELUR AYAM RAS DI SEJUMLAH PETERNAKAN DALAM KABUPATEN ACEH BESAR (AGUS ERDIYANSYAH, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH TINGKAT KEPADATAN POPULASI DALAM KANDANG TERHADAP PENURUNAN BERAT DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER (Syahputri Zakiyah Dahri, S.KH, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON AYAM KAMPUNG, AYAM HUTAN,DAN AYAM BANGKOK (Fadila Hayati Abdillah Ginting, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

KONSENTRASI SPERMATOZOA BERBAGAI JENIS AYAM LOKAL YANG DIPELIHARA SECARA SEMI TRADISIONAL (Sismeli Widiya Sari Selian, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya