Search :
Advance

Abdul Hafiz.RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATURAN DAN PEMANTAUAN SUHU, KELEMBABAN DAN CAHAYA SECARA OTOMATIS BERBASIS IOT PADA RUMAH JAMUR MERANG. Banda Aceh : Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Jamur merang memiliki kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi dan juga merupakan salah satu jamur yang banyak diminati konsumen. Dalam hal budidaya jamur merang ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti intensitas cahaya, suhu dan kelembaban pada rumah jamur. Untuk itu harus dilakukan pengecekan secara berulang dalam waktu tertentu. Selama ini pengecekan dilakukan dengan cara tradisional. Para pembudidaya hanya memperkirakan kebutuhan cahaya jamur hanya dengan melihat ke dalam rumah jamur. Untuk kebutuhan suhu menggunakan termometer dan kelembaban udara menggunakan higrometer yang ditancapkan pada dinding rumah jamur sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding rumah jamur. Hal tersebut dianggap tidak efisien dan kurang akurat serta menghabiskan waktu dan tenaga yang lebih. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memantau suhu, kelembaban dan intensitas cahaya pada rumah jamur yang dapat dipantau tanpa harus berada di lokasi serta otomatisasi sprinkle spray, heater, blower dan lampu untuk menjaga ketiga hal tersebut pada rumah jamur merang. Dengan menggunakan mikrokontroller Arduino Uno R3 yang dihubungkan pada sensor DHT11, DS18B20 dan Light Dependent Resistor maka pengecekan kondisi rumah jamur dapat dipantau secara otomatis melalui website ubidots dengan memanfaatkan Internet of Things melalui jaringan internet yang diakses oleh ethernet shield kepada pembudidaya jamur merang. Sprinkle spray, heater, blower dan lampu dipasang pada sistem ini dengan tujuan menjaga suhu, kelembaban dan intensitas cahaya pada rumah jamur merang. Hasil pada penelitian ini adalah sebuah prototipe untuk memantau suhu, kelembaban udara dan intensitas cahaya pada rumah jamur merang yang dapat dipantau kapanpun dan dimanapun secara IoT serta menjaga ketiga hal tersebut secara otomatis.


Tulisan yang relevan

MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328 PADA PROSES DEKOMPOSISI PUPUK KOMPOS (Vandra Diza K, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH VARIASI JENIS KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (SAIPUN PUTRA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGENDALI ASAP ROKOK DAN TAMPILAN SUHU RUANGAN TERTUTUP (SMOKING ROOM) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 (R.A. Decky Armanda, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) BUDIDAYA LOKAL DENGAN METODE DPPH (Maulidya Zakiah, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DESAIN PROTOTIPE KURSI LIGHT FOLLOWER DENGAN PENGATURAN KECEPATAN BERDASARKAN TINGKAT INTENSITAS CAHAYA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328P (HARIS AKBARSYAH, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya