Siti Novia. KARAKTERISTIK BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA ISLAM AL-FALAH ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak siti novia. 2017. karakteristik bahasa guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia di sma islam al-falah aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. saifuddin mahmud, m.pd. (2) dra. rostina taib, m.hum. kata kunci: karakteristik bahasa guru, interaksi belajar-mengajar penelitian yang berjudul “karakteristik bahasa guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia di sma islam al-falah aceh besar “mengkaji tentang (1) kalimat yang mendominasi bahasa guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia di sma islam al-falah aceh besar, (2) kalimat tanya yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia di sma islam al-falah aceh besar, dan (3) kalimat imperatif yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia di sma islam al-falah aceh besar. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini

Baca Juga : RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Nurjannah, 2014) ,

Baca Juga : RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU ARRAHMAH KOTA BANDA ACEH (INTAN OPH DARWIN, 2018) ,

adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian kelas (classroom research). jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan data dianalisis dengan analisis kualitatif. sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas x dan xi sma islam al-falah aceh besar berjumlah dua orang. pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam dan catat. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kalimat yang mendominasi bahasa guru ketika berinteraksi dengan siswa di kelas adalah kalimat berita, (2) kalimat tanya yang digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia didominasi oleh kalimat tanya biasa (3) kalimat imperatif yang sering digunakan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa indonesia adalah kalimat imperatif

Tulisan yang relevan

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR GURU KELAS IV MIN LAMJAMPOK KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATENACEH BESAR (Rahmad Munawar, 2016) ,

TINDAK TUTUR GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK DJADAM MONTASIK ACEH BESAR (Safitriani, 2013) ,

KREATIVITAS GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA KELAS TINGGI SD NEGERI LAMKAWE KABUPATEN PIDIE (Jamaluddin, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi