Search :
Advance

Yusrahdani.STUDI KASUS TENTANG PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 1 KUTAPANJANG KAB. GAYO LUES. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Dani, Yusrah. 2017. Studi kasus tentang perilaku disiplin siswa pada SMAN 1 Kutapanjang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurjanah, Psi, MM, (2) Hetti Zuliani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Perilaku Disiplin Perilaku disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan agar siswa patuh terhadap peraturan-peraturan sekolah. Penelitian ini berjudul “Studi kasus tentang perilaku disiplin siswa pada SMA Negeri 1 Kutapanjang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku disiplin siswa pada SMA Negeri 1 Kutapanjang. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kutapanjang dengan jumlah subjek 5 orang siswa dan 2 orang guru BK dengan jumlah total yaitu 7 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran perilaku disiplin yang dilakukan siswa SMA Negeri 1 Kutapanjang Kab. Gayo Lues yaitu datang sekolah tidak tepat waktu, merokok, membolos, berkelahi, tidak mengerjakan PR (tugas sekolah), tidak jujur dan menyontek. Adapun upaya yang diberikan guru BK terhadap pelanggaran perilaku disiplin siswa yaitu: memberikan informasi dan pengarahan tentang perilaku disiplin dan hukuman kepada siswa yang datang sekolah tidak tepat waktu, memberikan informasi tentang bahaya merokok dan bahaya-bahaya lain yang merupakan peraturan-peraturan disiplin sekolah, Guru BK memanggil siswa yang ketahuan tidak masuk pada saat jam pelajaran ke ruang BK untuk dibimbing dan diarahkan agar mereka masuk kelas saat jam pelajaran dan mengingatkan siswa tentang nilai kenaikan kelas, Guru BK memanggil siswa ke ruang BK dan memberikan bimbingan kedua belah pihak yang berselisih dan guru BK melibatkan guru wali kelas dalam penyelesaaian kasus perkelahian siswa di sekolah, Guru BK memberikan hukuman bagi siswa yang tidak mengerjakan PR, memberikan informasi tentang pentingnya membiasakan diri bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam kehidupan, memberikan tugas-tugas mata pelajaran pada siswa dengan itu mereka belajar untuk bertanggung jawab dan berusaha untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan dengan usaha sendiri maksudnya tidak menyontek.


Tulisan yang relevan

PERGESERAN NILAI BUDAYA DALAM PENGGUNAAN PAKAIAN PENGANTIN DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Arma Ariga, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN GAYO LUES (Husin Sabarudin, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PROFIL GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN GAYO LUES (Alimsyah, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN PUTRI BETUNG KABUPATEN GAYO LUES 1986-2014 (SELAMAT, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

HOTEL RESORT DI GAYO LUES (Rizka Fadli, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya