Search :
Advance

Cut Ade Maudalena.PERKEMBANGAN GERAKAN JUBAH PUTEH DI ACEH (1987-1999). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana perkembangan gerakan Jubah Puteh di Aceh dan apa pengaruh gerakan Jubah Puteh terhadap masyarakat Aceh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perkembangangerakan Jubah Puteh dan pengaruh gerakan Jubah Puteh tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan empat cara, yakni dengancarapengamatan (observasi), studi kepustakaan, studi dokumen, dan wawancara (interview).Metode yang digunakan adalah metode sejarah dan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa gerakan Jubah Puteh hanya berkembang di sekitar tahun 1987 dan setelah itu gerakan Jubah Puteh kurang berkembang namun masih ada sampai saat ini. Disamping itu, ada beberapa pengaruh gerakan Jubah Puteh terhadap masyarakat Aceh seperti larangan membuka warung saat siang hari pada bulan Ramadhan masih bisa dilihat dan dirasakan sampai saat ini.


Tulisan yang relevan

EVALUASI MOTOR ABILITY SISWA SEKOLAH DASAR PIR BATEE PUTEH 1 KABUPATEN ACEH BARAT (SAMSUNAN BAHRI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERKEMBANGAN DAYAH ULEE TITI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (1987-2013) (Ami Ratu Diana, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERKEMBANGAN INDUSTRI KECIL-MENENGAH (IKM) DI KOTA BANDA ACEH, 1987-2014 (MURDIANI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PERKEMBANGAN UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH, 1985-2015 (Muhammad Chaidir , 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMETAAN ZONASI KERENTANAN GERAKAN TANAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH PROVINSI ACEH (YUSMARDANI ARYA PUTRA, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya