Putri Wulandari. PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui konsep pada materi sel yang mengalami miskonsepsi, penerapan modul berbasis discovery learning dalam mengatasi miskonsepsi, meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. pengambilan data dilakukan pada bulan juni 2016. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu xi ia 1 sebagai kelas kontrol dan xi ia 3 sebagai kelas eksperimen. instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur miskonsepsi dan hasil belajar siswa, angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan spss 16.0 for windows pada taraf signifikan 95% atau ? 0,05. hasil menunjukkan bahwa konsep yang mengalami miskonsepsi adalah mekanisme transpor melalui membran, hasil uji t menunjukkan bahwa > yaitu hasil belajar siswa 2,875 > 1,67 dan motivasi belajar 6,158

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015) ,

> 1,67. dapat disimpulkan bahwa penerapan modul berbasis discovery learning dapat mengatasi miskonsepsi pada konsep komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel dan organel sel tumbuhan dan hewan, meningkatkan hasil belajar kognitif, dan motivasi siswa pada materi sel di man darussalam. kata kunci: modul berbasis discovery learning, miskonsepsi, hasil belajar siswa,

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015) ,

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016) ,

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DIAGRAM ROUNDHOUSE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Masrinur, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi