Rini Sartika. UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN SISWA AUTIS SAAT PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMPLB YPAC BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak penelitian ini berjudul “upaya guru dalam membangun komunikasi interpersonal dengan siswa autis saat prose s belajar mengajar di smplb ypac banda aceh”. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru dalam komunikasi interpersonal dengan siswa dalam proses belajar mengajar. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik yang berasumsi pentingnya makna bagi perilaku manusia, manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka, dan makna diciptakan dalam interaksi antar manusia. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. pada penelitian kualitatif tidak dikenal istilah sampel. penelitian kualitatif sampel dikenal informan atau subjek penelitian. informan atau subjek yang dipilih untuk diwawancarai sesuai dengan tujuan penelitian, yang terdiri dari 5 orang guru di smplb ypac banda aceh. metode pengumpulan data yang digunakan

Baca Juga : KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR DENGAN ANAK PENYANDANG AUTISME (STUDI KASUS PADA YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) ACEH DESA SANTAN KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (Zulfikri, 2017) ,

Baca Juga : POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA BUKESRA ULEE KARENG BANDA ACEH (Asyuqah, 2018) ,

m penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam membangun komunikasi interpersonal dengan siswa terjalin dengan efektif, strategi komunikasi efektif yang diaplikasikan oleh guru di smplb ypac banda aceh adalah sikap menghargai, empati, dapat didengarkan dan dimengerti, keterbukaan, dan sikap rendah hati . komunikasi interpersonal dapat menciptakan keakraban dan kedekatan antara guru dengan siswanya, oleh karena itu dengan adanya kedekatan tersebut proses belajar berjalan dengan baik walaupun proses penyampaian pesan dominan menggunakan komunikasi non verbal. faktor yang menjadi pendukung berhasilnya membangun komunikasi interpersonal dengan siswa autis adalah guru sebagai komunikator memiliki kemampuan atau kredibilitas yang tinggi dalam mengelola dan menyampaikan pesan sehingga pesan tersebut mudah di pahami oleh siswa. sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam berkomuni kasi interpersonal dengan siswa autis susahnya mereka dalam berkomunikasi baik komunikasi non verbal maupun verbal. kata kunci: upaya, komunikasi interpersonal, anak

Tulisan yang relevan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018) ,

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Firdaus, 2018) ,

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 1KUTA BARO ACEH BESAR (Ikhsan, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi