Search :
Advance

Gunawan Fajri.PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (COLOCASIA ESCULENTA) DAN MINYAK JARAK. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci: bioplastik, kitosan, pati talas, minyak jarak Pengembangan bioplastik merupakan salah satu solusi alternatif untuk mengatasi permasaalahan sampah. Bioplastik merupakan plastik yang diproduksi dari bahan-bahan yang dapat diperbaharui seperti pati talas dan kitosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi pati talas, kitosan dengan minyak jarak sebagai bahan pemlastis terhadap uji kuat tarik, ketahanan bioplastik dalam pelarut dan kemampuan degradasi bioplastik. Pembuatan bioplastik dilakukan dengan cara blending pati talas dan kitosan pada berbagai komposisi dengan minyak jarak sebanyak 15% dari total campuran pati talas dan kitosan. Karakterisasi bioplastik dilakukan dengan uji ketahanan bioplastik dalam pelarut, uji kuat tarik dan uji biodegradasi plastik dengan menggunakan bakteri Psedomonas aeroginosa. Hasil analisis ketahanan bioplastik dalam pelarut air, etanol dan HCl (pH=5) dari yang paling tinggi ke yang paling rendah adalah komposisi pati talas/kitosan (50/50), pati talas/kitosan (40/60) dan pati talas/kitosan (60/40). Hasil uji kuat tarik bioplastik komposisi pati talas/kitosan (40/60) memiliki nilai kuat tarik tertinggi yaitu 11.740 MPa, sedangkan yang terendah pada komposisi pati talas/kitosan (60/40) dengan nilai kuat tarik sebesar 7.470 MPa. Persen elongasi terbesar terdapat pada bioplastik dengan komposisi pati talas/kitosan (60/40) yaitu 18.905% dan persen elongasi terendah pada komposisi pati talas/kitosan (50/50) yaitu sebesar 14.028%. Hasil pengamatan terhadap laju degradasi bioplastik dari yang paling cepat terdegradasi ke yang paling lambat terdegradasi secara berturut-turut adalah komposisi pati talas/kitosan (40/60), komposisi pati talas/kitosan (60/40) dan komposisi pati talas/kitosan (50/50).


Tulisan yang relevan

PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI KITOSAN DAN PATI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) DENGAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) SEBAGAI PEMLASTIS (Munandar, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI KITOSAN, PATI BONGGOL PISANG (MUSA PARADISIACA, L), DAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) (Zuhra, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL (Narlis Juandi, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PEMBUATAN FILM BIOPLASTIK DARI KITOSAN DAN SELULOSA AMPAS TEBU (MEILISA PRATIWI, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

: PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI PATI TAPIOKA DAN KITOSAN DENGAN MENGGUNAKAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (Fadlan Hidayat, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya