Search :
Advance

Muhammad Ridha Aulia.PERKEMBANGAN PRODUK ALUTSISTA PT. PINDAD DALAM BIDANG PERSENJATAAN RINGAN DI INDONESIA, 1968-2011. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

ABSTRAK Kata Kunci : Alutsista, PT. Pindad, Persenjataan Ringan. Penelitian yang berjudul “Perkembangan produk alutsista PT. Pindad dalam bidang persenjataan ringan di Indonesia, 1968-2011” ini mengangkat masalah bagaimanakah upaya dan strategi PT. Pindad dalam mengembangkan teknologi dan memasarkan produk persenjataan ringan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui upaya dan strategi PT. Pindad dalam mengembangkan teknologi dan memasarkan produk persenjataan ringan. Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi anggapan dasar adalah PT. Pindad merupakan produsen persenjataan utama milik Indonesia, dan yang menjadi hipotesis adalah produk persenjataan ringan yang dikembangkan PT. Pindad tidak dapat diterima dengan baik oleh TNI dan POLRI karena masih ada kesatuan militer di Indonesia yang ragu menggunakan produk PT. Pindad. Metode yang digunakan metode penelitian sejarah atau disebut metode sejarah kritis dengan pendekatan kualitatif, yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu Pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penelitian kepustakaan (library research), penelitian lapangan (field research), dan studi dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) PT. Pindad adalah industri militer dan komersial yang sejarah berdirinya dimulai ketika Belanda membangun bengkel peralatan militer pada tahun 1808. Dalam perkembangannya PT. Pindad selalu berupaya untuk meningkatkan teknologi Alutsista persenjataan ringan secara bertahap dengan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang ada di dalam dan luar negeri. Kemudian dalam memasarkan produk persenjataan ringan PT. Pindad melakukan berbagai strategi sebagai upaya untuk membangun citra perusahaan yang kompetitif dan dijalankan secara profesional baik untuk kebutuhan dalam negeri ataupun kebutuhan untuk pasar luar negeri. (2) PT. Pindad telah memproduksi berbagai jenis persenjataan ringan yang memiliki standar Internasional dengan berbagai prestasi yang diperoleh dalam kejuaraan menembak. Produk persenjataan ringan PT. Pindad ada yang dbuat khusus untuk kepentingan Kepolisian, dan ada juga produk yang dibuat untuk satuan khusus di TNI. Pengguna persenjataan ringan PT. Pindad di Indonesia adalah TNI, POLRI, dan Perbakin. iv


Tulisan yang relevan

PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK, KEMASAN DAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA PEMBELIAN BERULANG PRODUK MAKANAN RINGAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (CUT RAUZATUL ILMI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH NILAI TUKAR DAN PDB TERHADAP EKSPOR INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT (FAISAL FAHLEVI, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

PENGARUH PERHATIAN LABEL KEMASAN PANGAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI MAKANAN RINGAN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Birri, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN 5 WHY PADA PT ACEH MEDIA GRAFIKA (Fitriana Risna, 2017) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK BUMN SEBELUM DAN SESUDAH PERATURAN BANK INDONESIA NO.13/1/PBI/2011 (Maulina Tiar Rahmawati, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya