Search :
Advance

Ario Ridho G.PENGARUH WAKTU PENYIMPANAN SUSU SAPI PASTEURISASI PADA SUHU KAMAR TERHADAP JUMLAH KOLONI STAPHYLOCOCCUS AUREUS. Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

PENGARUH WAKTU PENYIMPANAN SUSU SAPI PASTEURISASI PADA SUHU KAMAR TERHADAP JUMLAH KOLONI Staphylococcus aureus ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu penyimpanan susu sapi pasteurisasi pada suhu kamar terhadap jumlah koloni Staphylococcus aureus. Sampel pada penelitian ini adalah susu segar yang berasal dari peternakan sapi perah lokal di wilayah Banda Aceh dan diambil waktu pemerahan pagi hari. Susu segar dipasteurisasi dengan metode Low Temperature Long Time (LTLT) dengan suhu 62C selama 30 menit dan dilakukan penyimpanan pada suhu kamar 26C selama 4 jam, 8 jam dan 12 jam. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah jumlah koloni Staphylococcus aureus yang ditanam pada media Manitol Salt Agar (MSA). Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah bakteri Staphylococcus aureus paling banyak pada penyimpanan selama 12 jam sebanyak 1x103 CFU/ml. Selanjutnya penyimpanan selama 8 jam dan 4 jam berturut-turut sebanyak 1x101 CFU/ml dan


Tulisan yang relevan

UJI POTENSI ANTIBAKTERI SUSU SEGAR DAN SUSU PASTEURISASI SAPI PERAH PERANAKAN FRIESIAN HOLSTEIN (PFH) TERHADAP PERTUMBUHAN AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS (SARTIKA, 2016) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

UJI ANTIFUNGAL SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS BERDASARKAN PERUBAHAN SUHU DAN LAMA PEMANASAN (KHAIRINA , 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DERAJAT KEASAMAN DAN ANGKA REDUKTASE SUSU SAPI PASTURISASI DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA (Umar, S.KH, 2014) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

DAYA TAHAN SUSU KAMBING PASTEURISASI YANG BERASAL DARI PETERNAKAN TRADISIONAL KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL BAKTERI DAN ESCHERICHIA COLI (resni yulia, 2015) ,   Baca Full Text... |  Abstrak..

Kembali ke halaman sebelumnya