Cut Nurul Wazna. PENERAPAN TEKNIK SENI BERPIKIR TERATAI MEKAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Kata kunci : kreativitas, ide, teknik seni berpikir teratai mekar kreativitas seseorang berbeda-beda, namun kreativitas bukanlah murni sifat bawaan dalam diri melainkan dapat dipupuk salah satunya dengan teknik seni berpikir teratai mekar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kreativitas dalam menemukan ide sebagai tema penelitian antara kelompok yang diberikan treatment teratai mekar dan kelompok yang tidak diberi treatment. metode yang digunakan adalah quasi experimental research dengan pre-test dan post-test group design. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket berskala. teknik analisis data dengan sign test. populasinya adalah semester 6 di program studi bimbingan dan konseling fkip universitas syiah kuala. sebanyak 20 mahasiswa dipilih secara random untuk dijadikan sampel dan dibagikan ke dalam dua kelompok berbeda, yakni kelompok perlakuan dan kelompok pembanding. berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat

Baca Juga : PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI RUPA MELALUI TEKNIK MONTASE KELAS IV DI SD NEGERI 3 SAMADUA ACEH SELATAN (KHALIDA ZIA CITRA PRATIWI, 2019) ,

Baca Juga : MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Cut Putro, 2016) ,

an skor antara kelompok perlakuan dengan kelompok pembanding. kelompok perlakuan mengalami peningkatan nilai rata-rata (mean) lebih besar dibandingkan kelompok pembanding, yaitu 64.9? 49.1. dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0.05, probabilitas untuk x?10 adalah 0.000. karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dan w=58, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas yang signifikan antara kelompok yang menggunakan teknik seni berpikir teratai mekar dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan teknik seni berpikir teratai

Tulisan yang relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (MULYADI, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMA (YUVERNI SELVY, 2018) ,

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi