Nurul Fida. LAYANAN RESPONSIF DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH) LAYANAN RESPONSIF DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci : layanan responsif dalam mengatasi stres akademik penelitian yang berjudul “layanan responsif dalam mengatasi stres akademik di sma negeri 10 fajar harapan” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres akademik peserta didik di sma negeri 10 fajar harapan dan mengetahui proses pelaksanaan layanan responsif yang dilakukan guru bk dalam mengatasi stres akademik yang dialami peserta didik. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah guru bk di sma negeri 10 fajar harapan yang berjumlah 2 orang dan peserta didik yang berjumlah 5 orang. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa, gambaran stres akademik peserta didik sma negeri 10 fajar harapan antara lain: jarang masuk kelas, tidur di kelas, kurang berkonsentrasi, mudah lelah, mudah marah, takut menghadapi guru, sakit kepala, prestasi menurun. hasil analisis juga menunjukkan

Baca Juga : PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mawaddah, 2019) ,

Baca Juga : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADUAN SUARA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Mohammad Rizki Dwisaputra, 2015) ,

sanaan layanan yang dilakukan guru bk dalam mengatasi stres akademik yang dialami peserta didik sudah berjalan dengan baik. dalam mengatasi masalah tersebut, guru bk memberikan layanan berupa layanan responsif. setelah pemberian layanan, terbukti bahwa peserta didik semakin berkonsentrasi dalam belajar, bisa mengatur waktu belajar, mampu mengelola emosi dan aktif di kelas. oleh karena itu, diharapkan kepada guru bk agar selalu berusaha untuk memperhatikan dan membantu peserta didik dalam mengembangkan pemahaman diri dan membantu dalam mengatasi stres akademik yang dihadapi. .

Tulisan yang relevan

PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP LAYANAN RESPONSIF DALAM UPAYA PENANGANAN MASALAH SISWA (PENELITIAN DI SMAN/SEDERAJAT SE-KOTA BANDA ACEH) (NURUL KAMARI, 2016) ,

PEMBELAJARAN DRAMA PADA TEATER SEKOLAH SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Muhammad, 2017) ,

HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN GINGIVITIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizky Darmawan, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi