Eriska Khairani. PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJARSISWA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak kata kunci : permainan, ular tangga, evaluasi penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan permainan ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas x ipa dalam materi vektor pada mata pelajaran fisika di man darussalam? adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan permainan ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas x ipa dalam materi vektor pada mata pelajaran fisika di man darussalam. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu x-ipa1 sebagai kelas eksperimen, dan x-ipa2 sebagai kelas kontrol dengan materi pembelajaran yang digunakan adalah materi vektor. dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data yang

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017) ,

liti bersifat homogen atau tidak. kemudian untuk mengetahui apakah sampel yang diambil terdistribusi normal atau tidak. untuk mengetahui adanya atau tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar yang segnifikan antara kelas x-ipa1 (eksperimen) dan x-ipa2 (kontrol), maka perlu dilakukan uji rata- rata satu pihak (uji t). uji rata-rata satu pihak yang digunakan adalah uji-t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf segnifikan 0,05. berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai thitung = 5,348313 dan nilai ttabel = 1,67109 dimana thitung >ttabel yang menunjukkan bahwa tolak h0 dan terima ha. dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan ular tangga berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa kelas x ipa pada materi vektor di man darussalam aceh

Tulisan yang relevan

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015) ,

PENGARUH METODE PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Putri Pratiwi, 2018) ,

KONSTRIBUSI NILAI MATA PELAJARAN QUR'AN-HADIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MAN RUKOH DARUSSALAM BANDA ACEH (Ali Akbar, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi