Zuarni Verina. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PDA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2017

Abstrak

Abstrak verina, zuarni. 2016. kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial di kelas vii mtsn rukoh banda aceh. skripsi, jurusan pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. suryawati, m. pd., (2) suhartati, s. pd., m. pd. kata kunci: kemampuan, pemecahan masalah, aritmatika sosial pendidikan saat ini semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin hari semakin maju, sehingga menambah pula permasalahan-permasalahan yang perlu dipecahkan. dalam kurikulum 2013, siswa diharapkan untuk eksis dalam mengarungi kehidupan di abad 21 ini. matematika adalah salah satu ilmu yang memiliki peran penting dalam kemajuan perkembangan zaman, khususnya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. penelitian ini diharapkan dapat membantu para siswa di mtsn rukoh kota banda aceh kelas vii agar mampu memecahkan masalah matematika pada materi aritmatika sosial dengan baik. selain itu, dengan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Riska Septia Farida, 2015) ,

Baca Juga : ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DALAM MENYELESAIKAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (fajriah, 2016) ,

pi masalah matematika yang rutin maupun non rutin, siswa mendapatkan pengalaman dalam menghadapai permasalahan matematika sehingga nantinya siswa-siswa tersebut cepat dalam menanggapi dan mampu memecahkan masalah-masalah matematika yang ada pada zaman yang semakin canggih seperti saat ini. pada skripsi ini membahas tentang pemecahan masalah matematika dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial oleh siswa di kelas vii mtsn rukoh banda aceh. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data lebih lanjut dalam menggali kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di mtsn rukoh kota banda aceh kelas vii. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes tertulis dan wawancara. tes tertulis dilakukan dengan 4 soal tipe essai yang akan digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmatika sosial, kemudian dilakukan wawancara untuk menggali lebih lanjut informasi mengenai respon siswa yang dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa dilihat dari hasil jawaban tes tertulis. sebagai media pelengkap, digunakan kamera digital untuk merekam dan mengambil beberapa foto. hal ini dilakukan mengantisipasi adanya informasi yang terlewatkan. berdasarkan hasil analisis data, dapat digolongkan kedalam tiga kategori kemampuan dari lima kategori kemampuan yang ada-sangat mampu, mampu, cukup, kurang dan sangat kurang. banyak siswa yang dikategorikan ke dalam kategori kurang dan sangat kurang, sehingga dari data yang tersebut dibuat simpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial pada kelas vii di mtsn rukoh kota banda aceh masih

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI OLEH SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Uswatun Hasanah, 2016) ,

PENERAPAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Cut Ida Fitria, 2015) ,

PENERAPAN PENDEKATAN REACT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEHTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Siti Indira Jannah, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi